Batam (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepulauan Riau berharap permasalahan di Pulau Rempang, Kota Batam tidak berdampak negatif pada budaya Melayu di sana.
 
"Kami berharap permasalahan ini tidak akan berkepanjangan dan tidak berdampak negatif pada budaya Melayu di Pulau Rempang,” ujar Ketua Umum MUI Kepri Dr. Kh. Bambang Maryono usai berkunjung ke Polda Kepri, Rabu (20/9).
 
Ia menyampaikan bahwa, pihaknya dalam kasus konflik Rempang ini bekerja sebagai mitra pemerintah dalam bidang tanggung jawab keagamaan.
 
Maka dari itu, pihaknya meminta informasi yang lebih lengkap tentang Pulau Rempang agar dapat menyampaikan pernyataan tertulis yang akurat dan valid.

Hal ini kata dia, sejalan dengan tujuan MUI untuk membantu mengatasi konflik dan masalah dengan pendekatan yang penuh kebijaksanaan dan kearifan.
 
“Terakhir, Perlu kami sampaikan bahwa posisi kami adalah sebagai penasehat dan bukan sebagai pihak yang menolak atau memiliki posisi hukum tertentu. Tujuan kami adalah untuk menciptakan suasana damai dan harmonis," kata dia.
 
Sementara, Kapolda Kepri Irjen Tabana Bangun mengatakan kehadiran MUI Kepri ini memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan, dalam meredakan ketegangan dan menciptakan situasi yang lebih tertib dan damai di pulau tersebut.
 
"Melibatkan tokoh-tokoh agama dalam proses ini menjadi langkah kunci yang bisa membawa perubahan positif," kata Kapolda.
 
Kerjasama ini juga dapat membantu memahami lebih dalam isu-isu yang mungkin menjadi pemicu ketegangan di Pulau Rempang.
 
Menurutnya, dengan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini, solusi yang lebih efektif dan berkelanjutan dapat ditemukan, memungkinkan masyarakat setempat untuk hidup dalam harmoni dan kedamaian.
 
"Keselamatan dan kesejahteraan masyarakat adalah tujuan bersama yang harus dikejar, dan melalui upaya bersama ini, diharapkan kita dapat mencapai tujuan tersebut di Pulau Rempang," ujarnya.
 
Apalagi saat ini kata Kapolda, ada banyak berita palsu yang berkaitan dengan Pulau Rempang yang sedang menyebar.
 
"Namun, penting bagi kita untuk menyadari bahwa investor memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian di wilayah Provinsi Kepri dan ini akan membawa perubahan positif yang besar bagi masyarakat setempat," katanya.

Baca juga: Rekomendasi Munas NU sebut kekerasan di Rempang harus dihentikan

Baca juga: PDIP: Pemerintah sudah sungguh-sungguh tangani Rempang

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023