Warsawa (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Polandia pada Rabu memanggil Duta Besar Ukraina terkait komentar yang diucapkan Presiden Volodymyr Zelensky pada Majelis Umum PBB.

Zelensky dalam pidatonya mengatakan bahwa Kiev "bekerja keras mempertahankan rute darat untuk ekspor biji-bijian" dan bahwa "teater politik" di sekitar impor biji-bijian hanya membantu Moskow, yang menginvasi Ukraina tahun lalu.

Polandia, Slovakia dan Hongaria, beralasan untuk melindungi pasar domestik, mengumumkan tetap melakukan pembatasan impor biji-bijian pada Jumat setelah Uni Eropa memutuskan untuk tidak memperpanjang larangan impor di lima negara anggotanya.

"(Wakil Menteri Luar Negeri Pawel Jablonski) menyampaikan protes keras Polandia terhadap pernyataan yang dibuat Presiden Zelensky di Majelis Umum PBB kemarin, menuduh beberapa negara Uni Eropa berpura-pura menunjukkan solidaritas sambil secara tidak langsung mendukung Rusia," demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri.

Disebutkan bahwa Jablonski juga mengatakan kepada Dubes Ukraina Vasyl Zvarych bahwa "memberi tekanan pada Polandia di forum multilateral atau mengajukan keluhan kepada pengadilan internasional bukan metode yang layak untuk menyelesaikan perselisihan di antara negara kita".

Juru bicara Organisasi Perdagangan Dunia WTO mengkonfirmasi pada Selasa bahwa Ukraina telah mengambil langkah pertama dalam perselisihan dagang dengan mengajukan keluhan kepada badan perdagangan global tersebut.

Juru bicara itu tidak menyebutkan nama negara dalam pengajuan keluhan itu namun Kiev sebelumnya telah menyatakan bahwa keluhan itu menargetkan Polandia, Slovakia dan Hongaria.

Juga pada Selasa, Ukraina mengatakan akan memberlakukan pembatasan impor balasan terhadap beberapa barang dari Polandia dan Hongaria jika mereka tidak menghentikan larangan sepihak itu.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki membalas bahwa Warsawa bisa melarang impor produk makanan Ukraina yang lain jika Kiev meningkatkan perselisihan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Perang Rusia di Ukraina bayangi latihan perang NATO di Laut Baltik
Baca juga: Ukraina akan gugat Polandia, Hongaria dan Slovakia atas larangan impor

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023