Semoga kemitraan kita terus berkembang, membawa kemakmuran, stabilitas, dan peluang bagi masyarakat Indonesia dan China.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keinginan agar kemitraan dengan China dapat terus berkembang dan membawa kemakmuran, stabilitas serta peluang bagi masyarakat kedua negara.

"Semoga kemitraan kita terus berkembang, membawa kemakmuran, stabilitas, dan peluang bagi masyarakat Indonesia dan China," ujar Airlangga dalam acara Reception of The 74th Anniversary of the Founding of the People’s Republic of China, di Jakarta, Rabu.

Airlangga menegaskan kembali pentingnya kerja sama ekonomi Indonesia dengan China ditandai dengan hubungan bilateral kedua negara yang telah berlangsung erat sejak lama. China juga merupakan salah satu mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

Pada 2022, nilai investasi China mencapai 8,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dan menjadi peringkat tertinggi kedua di Indonesia. Total perdagangan kedua negara pada 2022 juga mencapai angka tertinggi sepanjang sejarah dengan nilai sekitar 133 miliar dolar AS, meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Airlangga menekankan pentingnya semangat membina hubungan yang kuat dan langgeng antarkedua negara. Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia dan China yang saat ini telah berjalan sepuluh tahun memiliki arti yang sangat penting bagi kedua negara. Kerja sama bilateral kedua negara juga kian berkembang, seperti di bidang pembangunan infrastruktur, industri ramah lingkungan dan ekonomi digital.

"Sebagai gambaran komitmen kami terhadap ekonomi digital, dengan senang hati saya sampaikan bahwa Menteri Perdagangan Tiongkok dan saya baru-baru ini menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama di bidang ekonomi digital dan e-Commerce," kata Airlangga.

Nota Kesepahaman itu menjadi dasar bagi eksplorasi bersama antara perusahaan-perusahaan kedua negara dalam mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), meningkatkan sirkulasi komersial, mengoptimalkan sistem transportasi, memperkuat keuangan digital, dan memajukan layanan kesehatan digital.

Pemerintah Indonesia, kata Airlangga, tetap berkomitmen untuk membina kemitraan agar terus membuahkan hasil demi keuntungan bersama.

Airlangga juga menyampaikan apresiasi Pemerintah Indonesia kepada China atas dukungan China terhadap Outlook ASEAN di Indo-Pasifik, terutama dalam masa Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 serta dalam upaya bersama untuk mencapai kesejahteraan dan stabilitas di kawasan.
Baca juga: Wapres ingin pebisnis China tak ragu investasi produk halal di RI
Baca juga: Moeldoko: RI-China perlu saling belajar teknologi tani


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023