Keputusan pensiun merupakan keputusan yang telah saya pikirkan masak-masak. Keputusan ini tidak datang tiba-tiba. Keputusan ini diambil pada saat yang tepat
 London (ANTARA News) - Manajer Manchester United (MU) Alex Ferguson akan pensiun di akhir musim. Dia dikenal sebagai salah satu manajer sukses dalam perjalanan sejarah sepak bola Inggris.

"Keputusan pensiun merupakan keputusan yang telah saya pikirkan masak-masak. Keputusan ini tidak datang tiba-tiba. Keputusan ini diambil pada saat yang tepat," kata Ferguson dalam salah satu nukilan pernyataan yang dikutip dari Reuters.

"Penting bagi saya meninggalkan sebuah organisasi manakala berada dalam puncak. Dan saya yakin saya telah berbuat seperti itu, menghantar sebuah skuad yang berkualitas yang mampu memenangi gelar liga," kata manajer yang telah berusia 72 tahun itu.

Ferguson menyatakan, sukses itu juga diraih karena ada regenerasi yang telah berjalan di klub bagi kepentingan masa depan.

"Fasilitas latihan kami menjadi yang terbaik dalam percaturan olahraga dunia. Markas kami di Old Trafford telah dianggap sebagai salah satu venue terkenal di dunia."

"Ke depannya, saya lebih memilih peran, baik sebagai direktur maupun duta bagi klub ini. Dengan segala macam aktivitas, dengan segala pernik-perniknya, saya lebih melihat ke masa depan."

"Saya harus menyampaikan hormat kepada keluarga saya. Cinta dan dukungan mereka sungguh teramat penting. Istriku Cathy merupakan sosok kunci selama saya mengarungi karier ini. Kata-kata tidak cukup mengungkapkan segala perasan yang saya alami," kata Fergie, panggilan akrab Ferguson.

"Kepada seluruh pemain dan staf, baik yang dulu maupun sekarang, saya ingin mengucapkan hormat dan terima kasih karena mereka telah menunjukkan profesionalitas dan dedikasi luar biasa, sehingga mampu meraih sejumlah penghargaan yang membanggakan hati. Tanpa semuanya itu, sejarah sebuah klub tidak ada artinya sama sekali."

"Di awal karier saya, dengan dukungan dewan, dan secara khusus Sir Bobby Charlton, telah memberi saya kepercayaan dan waktu untuk membangun sebuah klub sepak bola, lebih dari hanya sebuah tim sepak bola."

"Manakala melewati dekade ini, keluarga Glazer telah memberi sejumlah panduan dalam menangani Manchester United agar saya mampu memberi kemampuan terbaik. Saya sungguh beruntung dapat menjalin kerjasama dengan ketua eksekutif yang sungguh terpercaya yakni David Gill."

"Saya berterima kasih kepada seluruh fans. Dukungan anda selama bertahun-tahun sungguh membanggakan dan membesarkan hati. Sungguh merupakan kehormatan bahwa saya mendapat kesempatan memimpin klub anda, dan dengan begitu saya menjalani masa menjadi manajer Manchester United," kata Ferguson.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013