Jakarta (ANTARA) -
Banyak manfaat yang bisa didapat dari buah alpukat, yang bisa dikonsumsi baik untuk menurunkan kadar gula darah hingga bisa menurunkan berat badan
 
Dilaporkan laman Hindustan Times, Rabu (20/9), Ahli Diet dan Konsultan Kesehatan Holistik Kavita Devgan mengatakan alpukat memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.
 
"Hal ini menjadikannya makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet penderita diabetes juga. Kedua, alpukat bisa menjadi teman yang tepat untuk menurunkan berat badan," kata Kavita.
 
Alpukat merupakan makanan sehat dan lezat yang memberikan rasa kenyang yang tinggi. Kombinasi lemaknya yang baik, seratnya yang tinggi, dan rasanya yang lezat membantu kita kenyang lebih lama dan menghilangkan rasa lapar.

Baca juga: Alpukat Asyifa Sabang terdaftar jadi varietas lokal unggulan Kementan
 
Alpukat juga terbukti menjadi pengganti bahan-bahan berkalori tinggi yang lebih sehat dan lezat seperti mayones, keju, atau mentega karena alpukat menambahkan tekstur dan rasa yang kaya dan lembut pada hidangan tanpa mengorbankan kesehatan.
 
Selain itu, buah yang bernama latin Persea Americana ini adalah sumber lemak baik vegetarian yang dapat membantu kesehatan jantung karena menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.
 
"Alpukat sarat dengan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal) yang meningkatkan kesehatan dan baik untuk jantung kita. Ditambah lagi buah itu memiliki banyak potasium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan juga menghasilkan folat, yang sekali lagi merupakan nutrisi kesehatan jantung yang luar biasa," tambahnya.
 
Kandungan senyawa seperti lutein, beta-karoten, dan vitamin E membuat buah alpukat sebagai sumber nutrisi untuk melawan penyakit.
 
Alpukat juga membantu meningkatkan nutrisi makanan karena menambahkan alpukat ke dalam salad (atau sup) berwarna-warni membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E, dan K dari makanan kita dengan lebih baik.

Baca juga: Lima makanan penangkal dampak polusi dan cara mengolahnya
 
Kavita Devgan menyarankan untuk mencoba alpukat dengan cara sederhana namun lezat ini dengan memasukkannya ke dalam makanan Anda:
 
- Gantikan mayo yang biasa Anda masukkan ke dalam sandwich dengan irisan alpukat atau alpukat tumbuk matang (cocok dengan ayam dan kalkun).
 
- Memasukkan potongan alpukat sebagai topping makanan.
 
- Untuk salad yang menarik, kombinasikan irisan alpukat dengan jeruk dan mint segar serta beberapa kenari panggang.
 
- Hancurkan dengan sedikit perasan jus lemon, oleskan di atas roti gandum panggang dan taburi dengan garam bawang putih, jinten, ketumbar, kapulaga, dan lada putih di atasnya. Campuran ini bisa disimpan di kulkas untuk penggunaan kembali.

Baca juga: Sarapan bergizi, coba resep smoothie alpukat stroberi

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023