Sorong (ANTARA) - Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI Ilyas Alyamsyah, melaksanakan kunjungan ke lima pos Satgas Yonif 133/YS yakni Pos Susumuk, Bousha, Kisor, Faankahrio dan Pos Sorry di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, guna memberikan nasehat dan penguatan dalam menjalankan tugas, Rabu.

"Tetap jaga keamanan pos dan pribadi masing-masing prajurit, tidak boleh lengah selalu waspada," kata dia.

Baca juga: TNI AD dalami penyerangan Pos Koramil Mare di Kabupaten Maybrat

Ia pun mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk tetap semangat menjalankan tugas, menjaga diri satu dengan yang lain dan tidak berkecil hati di tempat tugas. "Jangan lupa jaga kesehatan melalui pembinaan fisik dengan fasilitas yang sudah ada, supaya fisik tetap sehat," kata dia.

Satu hal yang menjadi perhatian dia adalah, bahwa hadirnya TNI di Kabupaten Maybrat bukan hanya menjaga keamanan, melainkan juga ikut membantu masyarakat, mengembangkan potensi mereka baik dari sisi pertanian kesehatan dan pendidikan.

Baca juga: Enam penyerang Pos TNI Maybrat disidang di Makassar

"Jadi upaya TNI yang telah dilakukan seperti berkebun bersama masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan harus diteruskan dan ditingkatkan, itu bagus dan baik untuk masyarakat," kata dia.

Pada sisi pertanian, sebut dia, kegiatan pertanian yang telah dilakukan TNI justru akan mendukung ketahanan pangan masyarakat guna memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca juga: TNI AD jaga pengungsi akibat teror kelompok separatis di Maybrat

Pada saat yang sama, dia pun menyempatkan diri untuk melihat anak-anak belajar melalui perpustakaan keliling. "Anak-anak ini aset kita di masa depan, masing-masing anak didik di setiap pos harus terus dibina supaya bisa bersaing dengan anak-anak di luar Maybrat. Tolong hal ini terus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin," kata dia.

Ia juga berpesan kepada seluruh anggota Pos Satgas Yonif 133/YS agar selalu baik baik dengan rakyat. Di dalam kunjungan itu, dia pun bertatap muka dengan masyarakat sekaligus membagikan sembako.

Baca juga: Kepala Polda Papua Barat: Kelompok penyerang Posramil Maybrat biadab
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023