Sidoarjo (ANTARA) – Optimalkan fungsi fasilitator perdagangan, Bea Cukai Kantor Wilayah Jawa Timur I kembali beri izin fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE). Kali ini, diberikan persetujuan pemberian fasilitas kepada PT. Harum Alam Segar melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan nomor KM-775/WBC.11/2023. Surat Keputusan tersebut diberikan kepada Direktur PT Harum Alam Segar, setelah dilakukan pemaparan proses bisnis pada Selasa, 19 September 2023.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I, Untung Basuki, mengungkapkan “KITE pengembalian adalah fasilitas pengembalian bea masuk yang telah dibayar atas impor atau pemasukan barang dan bahan yang berasal dari luar daerah pabean untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor.”

PT Harum Alam Segar merupakan perusahaan yang memproduksi aneka macam jenis kopi bubuk. Mulanya, perusahaan tersebut hanya memasarkan produknya di pasar lokal, namun seiring dengan meningkatnya peminat, perusahaan mulai berencana untuk melebarkan pemasaran dengan merambah ekspor. Untuk mendukung kegiatan ekspornya dan meningkatkan daya saing di pasar global, PT Harum Alam Segar mengajukan permohonan fasilitas KITE Pengembalian ke Bea Cukai Kanwil Jatim I.

Selain Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I turut hadir perwakilan dari KPP Madya Dua Surabaya, hal tersebut sebagai bentuk joint program yang dilakukan antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak untuk mengoptimalkan penerimaan negara. Pemaparan proses bisnis merupakan salah satu ketentuan yang harus dilakukan perusahaan setelah melalui penelitian dokumen dan pemeriksaan lapangan apabila diperlukan, oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai yang wilayah kerjanya meliputi domisili perusahaan tersebut. Pemaparan harus dilakukan oleh direksi atau pimpinan perusahaan di level top management agar ownership atau kepemilikan fasilitas fiskal dari pemerintah tersebut dapat dirasakan oleh manajemen perusahaan, sehingga perusahaan dapat comply terhadap kewajiban yang timbul akibat pemberian fasilitas tersebut dan perusahaan juga dapat merasakan manfaat dari fasilitas tersebut.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023