Makassar (ANTARA News) - Tuan rumah PSM Makassar berhasil meraih angka penuh seuai mengalahkan Pro Duta dengan skor 2-0, pada lanjutan kompetisi Indonesia Premier League (IPL) di Stadion Andi Matallata Makassar, Rabu malam.

Dua gol PSM masing-masing diciptakan oleh Ilija Spasojevic melalui tendangan penalti menit 37, serta Andi Oddang saat laga berlangsung 65 menit. Kemenangan itu sekaligus membawa PSM masuk 10 besar di klasemen sementara IPL.

Tidak ingin kembali mengulang kegagalan di kandang, memaksa tim berjuluk Ayam Jantan Dari Timur ini mengambil inisiatif penyerangan. Sayang upaya tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan mengingat buruknya koordinasi antarpemain.

Kesulitan PSM semakin bertambah dengan keputusan lawan yang terlihat menurunkan tempo permainan. Kondisi itu membuat kedua tim nyaris tidak mendapatkan peluang matang. Sulitnya mengembangkan permainan juga membuat pertandingan sedikit memanas.

Baru memasuki menit ke 30, permainan kedua tim sedikit lebih hidup. Itu terlihat dari lahirnya beberapa peluang. Salah satunya melalui tendangan pojok Qifli Tamara yang hampir bisa dimanfaatkan menjadi gol oleh Ilija Spasojevic.

Lahirnya peluang semakin memotivasi anak asuh Petar Segrt untuk lebih memforsir serangan. Kondisi itu membuat para pemain bertahan Pro Duta sedikit kewalahan dan terpaksa melakukan pelanggaran di sekitar kotak penalti pada menit ke-36.

Tendangan pemain bertahan PSM Christian Febre yang mengambil eksekusi justru dinilai wasit menyentuh tangan pagar hidup pemain Pro Duta. Wasit Daryanto tanpa berpikir panjang langsung menunjuk kotak penalti bagi tim PSM. Keputusan inipun sontak mendapat protes keras dari seluruh pemain dan pelatih Pro Duta.

Selanjutnya, Spasojevic yang ditugaskan mengambil eksekusi berhasil menyarangkan bola ke pojok kanan gawang Pro Duta yang dikawal Denis Ramadov. 1-0 PSM unggul hingga wasit meniup tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSM Makassar kembali mengambil alih penyerangan. Berbeda pada babak pertama, serangan PSM justru lebih hidup sejak pertandingan baru dimulai.

Pada menit 60, PSM nyaris menggandakan kedudukan melalui serangan balik yang cepat. Sayang, tendangan Rasyid Bakri yang mendapatkan umpan lambung dari Andi Oddang hanya melambung di atas mistar.

Gol kedua akhirnya tercipta melalui strategi serangan balik. Andi Oddang yang mendapat umpan dari belakang melanjutkan dengan solo run sebelum melesatkan tembakan yang gagal diantisipasi penjaga gawang Pro Duta.

Memasuki menit-menit akhir, PSM kembali mendapatkan beberapa peluang meski gagal menambah keunggulan hingga pertandingan berakhir.

(KR-AKR/T007)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013