Kekerasan seksual adalah kejahatan keji..."
Washington (ANTARA News) - Pemerintah Obama pada Selasa menyatakan kemarahan terhadap pelecehan di Angkatan Udara baru-baru ini, sementara Pentagon mengumumkan kajian memperkirakan jumlah kejahatan seks melibatkan tentara melonjak 37 persen pada tahun lalu.

Laporan tahunan Pentagon itu, yang memperkirakan terjadi 26.000 kejahatan seks mulai dari perkosaan hingga hubungan seksual kasar pada 2012, muncul sehari sesudah Angkatan Udara membebastugaskan perwira penanggung jawab dinas penanggulangan penyerangan seksual atas dugaan memegang payudara dan pantat wanita di tempat parkir di pinggiran kota dekat Pentagon, lapor AFP dan Reuters.

Letkol Jeffrey Krusinski (41 tahun) dibebas-tugaskan dari jabatannya sebagai kepala Dinas Tanggapan dan Pencegahan Serangan Seksual Angkatan Udara setelah didakwa melakukan pelecehan seksual dengan meremas dada dan bokong warga.

Kejadian itu memicu kemarahan petinggi Pentagon, anggota parlemen dan Presiden Barack Obama, yang kepada wartawan menyatakan "tidak ada tenggang rasa untuk itu".

"Kami mengetahui seseorang terlibat dalam hal ini. Mereka harus dimintai pertanggungjawaban. Dituntut. Dicopot dari jabatan. Dimahkamah-tentarakan. Dipecat dengan tidak hormat. Itu tidak bisa diterima," kata Obama kepada wartawan.

Ia menyatakan telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Chuck Hagel dan mengatakan kepadanya, "Kita tidak hanya akan meningkatkan permainan. Kita harus tegas meningkatkan permainan untuk menangani ini dengan keras."

Saat mengumumkan laporan tahunan Pentagon tentang pelecehan seksual di ketentaraan, Hagel menyatakan Departemen Pertahanan "marah dan jijik" atas tuduhan sangat mengganggu itu.

Ia memperingatkan bahwa masalah kekerasan seksual mencapai titik membahayakan kemampuan tentara menarik dan mempertahankan anggota.

"Kekerasan seksual adalah kejahatan keji dan salah satu tantangan paling besar departemen ini," katanya, "Itu ancaman terhadap keselamatan dan kesejahteraan rakyat kita dan kesehatan, nama baik dan kepercayaan pada lembaga ini."

Penelitian Pentagon menemukan ada 3.374 laporan kekerasan seksual pada 2012, naik hampir 200 dari 3.192 dalam 2011. Dengan data survai, departemen itu memperkirakan terjadi 26.000 hubungan seksual tidak diinginkan pada 2012, berbanding 19.000 pada 2011.

Lebih banyak pria daripada wanita melaporkan hubungan seksual tak diinginkan, 13.900 berbanding 12.100, tapi tentara perempuan lebih terpengaruh, 6,1 persen berbanding 1,2 persen, kata kajian itu.

Tentara menghadapi serangkaian skandal seksual memalukan dalam setahun belakangan.

Penyelidikan di pangkala udara Lackland di San Antonio, Texas, yang dimulai pada 2011, menemukan 59 kekerasan seksual atas taruna oleh pelatihnya.

Tentara juga terlibat dalam kejadian bermasalah dengan petugas penanggungjawab atas pengadilan tentara membatalkan amar kekerasan seksual atas serdadu.

Kejadian itu mengangkat pertanyaan tentang apakah tentara dapat menangani masalah kekerasan seksualnya.

Tapi, Hagel kepada wartawan menyatakan tidak mendukung melepaskan penuntutan kejahatan seks dari rantai komando tentara.

"Beberapa hal perlu diubah," kata Hagel, "Mengambilnya -tanggung jawab utama- dari ketentaraan, saya pikir itu hanya akan melemahkan pranata."

Meski begitu, Krusinski mungkin tidak menghadapi mahkamah tentara atas tuduhan pelecehan seksualnya, karena jaksa kecamatan Arlington Theo Stamos memutuskan mempertahankan wilayah hukum perkara itu dan tidak menyerahkannya ke tentara. Ia menyatakan tidak masuk akal menyerahkan perkara itu kepada tentara, karena terjadi dalam wilayah sipil.

Hagel mengumumkan serangkaian langkah untuk meningkatkan upaya tentara mencegah dan menanggapi kejahatan seksual, tapi beberapa anggota parlemen menyatakan tidak yakin dan bertekad memindahkan tanggung jawab penuntutan kejahatan itu dari rantai komando.

"Meskipun ada janji tengang rasa nol dari tentara, laporan ini memberikan bukti mengganggu bahwa kita berada di arah salah," kata Senator Demokrat Kirsten Gillibrand dari New York, yang mengatakan akan mengajukan rancangan undang-undang pada pekan mendatang.

Menteri Angkatan Udara Michael Donley dan Kepala Staf Jenderal Mark Welsh menghadapi pertanyaan tajam atas masalah serangan seksual itu di sidang Panitia Angkatan Bersenjata Senat pada Selasa.

Mereka menyatakan terkejut atas penangkapan Krusinski pada akhir pekan itu, tapi menolak seruan anggota parlemen bagi pengalihan penuntutan atas kekerasan seksual dan perkosaan dari rantai komando tentara.

Senator Demokrat Claire McCaskill dari Missouri kepada pemimpin Angkatan Udara menyatakan persepsi tentang penanganan tentara atas kekerasan seksual menyentuh jantung masalah.

"Itulah inti masalah di sini, karena jika korban tidak percaya bahwa pranata itu percaya padanya, tidak ada gunanya mempertaruhkan seluruh karir Anda," katanya.

Betapa sulit korban menghormati orang, yang dihukum rekannya akibat menyerangnya, katanya. (B002/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013