Pelatihan ini bertujuan untuk menimbulkan rasa keingintahuan dan kesadaran masyarakat tentang pengolahan limbah yang dapat menghasilkan produk olahan ekonomis
Jambi (ANTARA) - Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Jambi (Unja) memberikan pelatihan pemanfaatan limbah kelapa sawit menjadi briket kepada masyarakat Kecamatan Pemayung, Batanghari, Jambi.

"Pelatihan ini bertujuan untuk menimbulkan rasa keingintahuan dan kesadaran masyarakat tentang pengolahan limbah yang dapat menghasilkan produk olahan ekonomis," kata Ketua PKK Ormawa Miseta Unja Gulaman Zakiyan di Jambi, Kamis.

Baca juga: Inovasi trio mahasiswa Bogor mengolah ampas kopi jadi bara energi

Selain memberikan pelatihan pengolahan limbah kelapa sawit menjadi barang bernilai ekonomis yaitu briket, program ini juga memberikan pelatihan pemasaran melalui digital marketing.

Diharapkan ke depan produk limbah kepala sawit yang dihasilkan tersebut bisa dipasarkan melalui digital marketing.

Kepala Desa Serasah, Kecamatan Pemayung, Anda Yani mengatakan dukungan pada program yang dilakukan oleh Tim PKK Ormawa Miseta Unja tersebut.

Baca juga: Mahasiswa Unja olah biobriket nipah jadi alternatif energi terbarukan

“Program ini bagus, apa lagi ini adalah program keberlanjutan yang bisa dilakukan untuk ibu-ibu PKK atau masyarakat desa, program ini akan sangat bermanfaat bagi desa," katanya.

Melalui pelatihan yang diberikan kepada masyarakat desa tersebut, menjadi salah satu upaya peningkatan nilai ekonomis pada limbah yang dapat menjadi pemasukan baru bagi masyarakat setempat.

Ia berharap masyarakat desa setempat dapat mengimplementasikan ilmu tersebut serta mempraktikkannya dan membuat produk turunannya sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Pelatihan pengolahan limbah kelapa sawit ini disambut dengan antusias oleh warga setempat. Ia mengatakan jika pelatihan pembuatan briket ini sukses, maka ini bisa menjadi usaha baru untuk warga sekitar.

Baca juga: Anggota DPR akui kemampuan UMKM di Ngawi buat briket arang

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023