beberapa kali kabut asap sudah mulai menghambat jadwal penerbangan pesawat
Banjarbaru (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meminta Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) lebih mengoptimalkan lagi kinerja satgas darat untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Suharyanto menuturkan satgas darat merupakan kunci utama yang memiliki peran untuk mencegah titik api tidak meluas, terlebih saat ini Kalsel mengalami lonjakan dari Juli tercatat sebanyak 3.045 titik api hingga pada periode Agustus tercatat 19.519 titik api.

“Satgas darat harus lebih rajin lagi memantau titik api kebakaran hutan dan lahan, jika daerah membutuhkan bantuan silahkan dikoordinasikan, kita pasti bantu,” kata Suharyanto di Banjarbaru, Kamis.

Suharyanto menyebutkan wilayah Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan merupakan provinsi paling menonjol karhutla dari empat provinsi lain yang ditetapkan sebagai daerah rawan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Riau, dan Jambi.

“Saya minta tolong jangan sampai Presiden Jokowi datang ke Kalimantan Selatan hanya karena kabut asap karhutla, apalagi beberapa kali kabut asap sudah mulai menghambat jadwal penerbangan pesawat,” ujar Suharyanto.

Baca juga: Petugas jinakkan kebakaran SMPN 2 Gambut Kalsel akibat karhutla
Baca juga: BNPB upayakan hujan buatan atasi karhutla di Kalimantan Selatan


Dia mengungkapkan, pada senggang waktu siang hari tadi dirinya bersama dengan Forkopimda Kalsel ikut memantau karhutla menggunakan helikopter, dari pantauan udara terlihat banyak titik api di Kota Banjarbaru dan sekitarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun BNPB pada Agustus lalu, indikasi luas karhutla di Kalsel sudah mencapai lebih dari 24.000 hektare.

Suharyanto meminta Pemprov Kalsel harus mengoptimalkan keberadaan satgas darat sebagai gerbang terdepan pencegahan karhutla, untuk itu, dia menyampaikan karhutla ini harus menjadi perhatian serius seluruh pihak.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto (kedua kiri) saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan kekeringan, di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (21/9/2023). ANTARA/Tumpal Andani Aritonang
Lebih lanjut, dia mengatakan pekan depan BNPB menambah bantuan dua unit helikopter water bombing untuk memaksimalkan penanggulangan karhutla di Kalsel, sehingga total ada sebanyak delapan unit helikopter penanggulangan karhutla.

Kemudian pada tanggal 23, 24, dan 28 September satgas akan melaksanakan teknologi hujan buatan di wilayah Kalimantan Selatan sebagai bantuan operasi menanggulangi karhutla, hal itu berdasarkan koordinasi dengan BMKG yang menyatakan pada tanggal tersebut ketebalan dan kelembapan awan sangat berpotensi untuk mendatangkan hujan buatan.

Baca juga: BMKG minta warga Kalsel tetap waspada karhutla meski turun hujan
Baca juga: BPBD Kalsel libatkan mahasiswa dalam penanggulangan karhutla


Menurut Suharyanto, teknologi hujan buatan tersebut masih diperlukan karena musim kemarau belum berakhir hingga November mendatang.

“Mari kita lebih waspada dan hati-hati lagi, saya juga minta tolong laksanakan penegakan hukum karhutla tanpa kompromi, ini perintah Presiden Jokowi,” ungkap Suharyanto.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan jumlah permintaan bantuan penanggulangan karhutla menggunakan water bombing tidak sebanding dengan jumlah helikopter yang tersedia.

Dia menyatakan pemerintah daerah telah mengerahkan segala sumber daya yang ada untuk menanggulangi karhutla dan kekeringan di Kalimantan Selatan.

Ia juga mengakui lokasi karhutla di wilayah gambut cukup sulit ditanggulangi oleh satgas, sehingga menurut dia kehadiran BNPB di Kalsel hari ini melaksanakan rapat koordinasi dengan satgas karhutla sangat penting untuk mencari solusi yang tepat menuntaskan bencana karhutla.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya mengatasi karhutla dan kekeringan seperti mitigasi penyaluran air dari embung ke embung, membagikan air bersih ke masyarakat terdampak kekeringan, namun kita perlu kolaborasi bersama-sama mengatasi bencana ini,” tutur Sahbirin.

Baca juga: TNBTS serahkan proses hukum kasus karhutla Gunung Bromo ke polisi
Baca juga: BPBA: Kasus karhutla di Aceh mulai menurun di September
Baca juga: Ditopang bom air, Satgas padamkan karhutla di Kabupaten Tebo Jambi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023