pompa hidram adalah teknologi inovatif yang dikembangkan oleh TNI AD
Mataram (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti SIP MIP M Han, meresmikan pompa hidram pertanian dan perkebunan hemat energi di Kelurahan Jatibaru Timur, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

"Pompa hidram adalah teknologi inovatif yang dikembangkan oleh TNI AD dengan memanfaatkan energi air untuk memompa dan mengalirkannya tanpa menggunakan bahan bakar maupun listrik. Ini merupakan teknologi yang bukan saja menghemat energi, tapi juga ramah lingkungan," katanya melalui siaran persnya yang diterima ANTARA, di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan pembuatan pompa hidram tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia perwakilan NTB, serta melibatkan masyarakat setempat. "Inilah sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat," katanya seraya menyebutkan peresmian pompa hidram itu sekaligus untuk menyambut HUT TNI ke-78.

Dengan air yang lebih mudah diakses, kata dia, kita dapat mengembangkan usaha pertanian dan perkebunan. "Serta akan meningkatkan ketahanan pangan dan yang pasti perekonomian para petani kita akan meningkat," katanya.

Baca juga: Kasad resmikan 10 pompa hidram di Kabupaten Timor Tengah Selatan
Baca juga: Presiden Jokowi tinjau sumur pompa hidram di Desa Oinlasi


Disebutkan, pompa hidram ini menjadi simbol harapan, kemajuan, dan kolaborasi bagi kita semua. Mari kita terus bekerja bersama untuk kesejahteraan masyarakat, kata jenderal bintang satu tersebut.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani Tolo Bumi (Gapoktan), M Syarif, menyatakan bersyukur adanya program pompa hidram bantuan dari Danrem 162/WB dan Kepala Bank Indonesia perwakilan NTB.

Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dan mudah-mudahan berguna dan berkah untuk kami di So Pok Tani Nggaro Lembo, katanya.

Dalam acara peresmian bantuan pompa hidram itu, disaksikan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto S Kom, Walikota Bima diwakili oleh Kadis Pertanian Kota Bima, H Sarafuddin, Kasiter Kasrem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi I Putu Dwika, Kadis PUPR Kota Bima Agus Purnama ST MT, dan Wakapolres Bima Kota Kompol Herman SH SIK.

Baca juga: TNI bangun pompa hidran untuk atasi kekeringan di Tabanan
Baca juga: Polda Aceh bantu sumur bor untuk kebutuhan air masyarakat Aceh Besar
Baca juga: Anggota DPRD Banjarbaru buatkan sumur bor petani terdampak kekeringan

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023