Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita seputar DKI Jakarta terjadi pada Kamis (21/9), mulai dari berdagang secara langsung lewat media sosial (live streaming) hingga krisis air di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.
 
Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. DPRD minta UMKM DKI diajarkan berdagang lewat "live streaming"

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI meminta Pemprov DKI Jakarta mengajarkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdagang secara langsung lewat media sosial (live streaming).

"Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PPKUMKM) itu juga sudah bisa mengajarkan masyarakat jualan 'streaming' lewat media sosial Tiktok," kata Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zulkifli, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
   
2. Pengamat nilai konservasi Pulau Seribu majukan ekonomi biru Jakarta
 
Kepala Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB University Yonvitner menilai pengembangan kawasan pulau seribu untuk wisata berbasis konservasi memajukan ekonomi biru di DKI Jakarta, sehingga harus dipertahankan.

Apalagi, konsep ekonomi biru di Ibu Kota saat ini sangat mendesak untuk diimplementasikan guna menjaga lingkungan serta memajukan pemberdayaan masyarakat di pesisir.
   
3. 90 persen kebakaran di DKI Jakarta disebabkan arus pendek

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan 90 persen kebakaran di  Ibu Kota disebabkan arus pendek listrik (korsleting).
 
"Yang pasti 90 persen karena 'korsleting' (hubungan arus pendek) listrik," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam pemantauan instalasi listrik di Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis.
 
4. PAM Jaya siap realokasi 18 kelurahan Jakut-Jakbar terdampak krisis air
 
Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jakarta (Perumda PAM Jaya) menyatakan kesiapan pihaknya untuk mengalokasikan kembali (realokasi) sebanyak 18 kelurahan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang terdampak krisis air.
 
"Kami melakukan realokasi pada titik- titik distribusi yang dirasa kita bisa distribusikan lagi," kata Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, Kamis.
   
5. Hutan Kota Ujung Menteng terbakar

Kebakaran terjadi di kawasan Hutan Kota Ujung Menteng, Jalan Banjir Kanal Timur Kavling Sawah Indah RT 11/RW 02 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis petang.
 
Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman ketika dikonfirmasi mengatakan laporan adanya kebakaran di hutan kota tersebut diterima sekitar pukul 18.05 WIB.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023