Jakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar memberikan penghargaan kepada PT (Persero) Bio Farma atas prestasinya sebagai perusahaan tanpa atau nol kecelakaan kerja (Zero Accident).

Pencapaian penghargaan ini merupakan keberhasilan Bio Farma dalam mengakumulasikan sebanyak 3.042.066 jam kerja dalam periode 25 Oktober 2011 - 31 Desember 2012 tanpa kecelakaan akibat kerja, kata Kabag Humas PT Bio Farma N Nurlaela dalam keterangan persnya di Bandung, Kamis.

Kepala Divisi CSR & Umum yang membawahi "Environment Health and Safety (EHS)" R Herry mengatakan, selama periode tersebut, Bio Farma terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran karyawan dan juga tenaga konsultan untuk berperilaku hati - hati dalam setiap bekerja, sehingga dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

Terlebih lagi Bio Farma merupakan perusahaan yang bekerja dengan bahan - bahan yang berbahaya dan mudah terbakar.

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tidak dapat dipisahkan dengan proses produksi baik jasa maupun industri, oleh karenanya Bio Farma mengupayakan agar karyawan dan pekerja konsultan untuk mempunyai perilaku dan kesadaran yang tinggi dalam bekerja agar terhindar dari kecelakaan kerja, ujar Herry.

Penyerahan penghargaan oleh Menakertrans disaksikan juga oleh Sekjen Kemenakertrans Muchtar Luthfi di Gedung SMESCO Jakarta pada tanggal 30 April 2013.

Penghargaan Kecelekaan Nol ini diberikan kepada 911 perusahaan dari 965 perusahaan yang telah dilakukan evaluasi secara berjenjang dari mulai tingkat Kabupaten Kota, Provinsi hingga pusat.

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Kemenakertrans Muchtar Luthfi mengatakan ada peningkatan jumlah perusahaan yang cukup signifikan yaitu sebesar 30 persen dibandingkan tahun 2012 dari 734 perusahaan menjadi 911 perusahaan.
(A029/C004)

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013