Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memfasilitasi sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan perseroan menjual produk lokal ke pasar China.

“Produk yang dijual UMKM binaan Bank BTN yakni perlengkapan rumah tangga berbahan dasar eceng gondok serta daun pandan. Selain itu, UMKM tersebut juga menjual tas dengan teknik pewarnaan kain alami,” ujar Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

UMKM yang dikirim Bank BTN ke China merupakan binaan dari Rumah BUMN BTN Kantor Cabang (KC) Yogyakarta. Rumah BUMN merupakan wadah untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya.

Beberapa UMKM tersebut memamerkan produk unggulan melalui kegiatan China ASEAN Expo (pameran dagang) 2023 di Nanning Internasional Conference and Exhibition.

“Kami mengapresiasi Kementerian BUMN yang mewadahi para UMKM untuk Go China. Kami berharap upaya ini dapat membuat produk UMKM Indonesia juga diminati di pasar China, terutama karena keunikan dan kreativitasnya,” ucap dia.

Selain pembinaan untuk UMKM, Bank BTN juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pengusaha UMKM. Dukungan Bank BTN bagi para wiraswasta melalui KUR terpantau dari lonjakan penyaluran KUR sebesar 123,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) per Juni 2023.

Menurut Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan agar target ekspor tercapai.

“Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi UMKM untuk melakukan business matching dengan pengusaha dari berbagai negara di ASEAN, tentunya ini bisa membantu UMKM semakin melebarkan sayapnya di pasar global,” kata Arya.

China ASEAN Expo 2023 merupakan pameran hasil kesepakatan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-ASEAN ke-7 pada Oktober 2003 dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA). Kegiatan ini menjadi komitmen Indonesia untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya.


Baca juga: Mendag: E-commerce harus berkembang guna tingkatkan ekspor UMKM
Baca juga: BI tingkatkan akses UMKM berorientasi ekspor terhadap pembiayaan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023