Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Jakarta Selatan menargetkan semua gedung dengan ketinggian minimal delapan lantai atau 20 hingga 200 meter untuk dipasangi water mist generator guna mengurangi polusi udara di sekitar bangunan.

“Kami inginnya semua gedung memasang alat ini,” ujarnya saat meninjau pengoperasian alat pembuat kabut air tersebut di Gandaria City, Jakarta, Jumat.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), hingga saat ini pengoperasian water mist generator merupakan salah satu cara ampuh untuk mengurangi tingkat polusi di Jakarta, selain penghijauan, ujar Munjirin.

Ia mengatakan bahwa Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi telah memberikan arahan agar semua water mist generator yang terpasang dioperasikan secara serentak setiap pukul 09.00-11.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB agar mencapai hasil yang optimal dalam mengurangi tingkat polusi di Jakarta.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan kemudian mendiseminasikan kebijakan pemasangan alat pembuat kabut air itu kepada 115 pengelola gedung di wilayah tersebut, ujar Munjirin.

Wali kota Jakarta Selatan tersebut menuturkan bahwa kini ada 41 gedung di Jakarta Selatan yang telah memasang water mist generator.

Munjirin menyatakan bahwa Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan terus mengajak pengelola gedung yang belum memiliki water mist generator untuk memasang alat tersebut dengan mengadakan sosialisasi di semua kelurahan.

Total ada empat gedung di kawasan Gandaria City yang telah dipasangi water mist generator, yaitu dua apartemen, satu pusat perbelanjaan, serta satu gedung perkantoran.

Selain meninjau pengoperasian water mist generator, pada kesempatan ini wali kota Jakarta Selatan tersebut juga menanam pohon buah-buahan di atap atau rooftop Gandaria City Mall.

“Ini merupakan bagian dari kegiatan rutin ‘Jumat Menanam’,” ujar Munjirin.

Ia mengatakan bahwa kegiatan penanaman di pusat perbelanjaan tersebut merupakan upaya awal untuk menggiatkan penggunaan rooftop gedung-gedung di Jakarta Selatan sebagai lahan penghijauan.

Dia pun mengapresiasi pengelola Gandaria City Mall yang juga telah menerapkan konsep gedung hijau atau green building dengan mengoperasikan panel surya sebagai energi baru terbarukan untuk memasok listrik di gedung tersebut.

Baca juga: 18 gedung swasta di Jaksel pasang alat kabut air

Baca juga: Pemprov DKI: "Water mist" di Balai Kota turunkan partikel polusi

Baca juga: Walhi: Kabut air tidak efektif untuk kurangi polusi udara di Jakarta


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023