kami berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai kota mandiri
Jakarta (ANTARA) - ,Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggencarkan penataan kawasan untuk memperluas ruang terbuka hijau di wilayahnya dengan melibatkan kalangan kelurahan.

"Saya akan lanjutkan penataan kawasan dan saya ingatkan kembali penataan yang sudah dilakukan mulai dari penataan wilayah triwulan pertama sampai triwulan ketiga,agar dirawat dengan baik," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin  berpesan kepada seluruh pejabat kelurahan dalam rapat monitoring dan evaluasi di Jakarta, Selasa.

Kegiatan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun Anggaran 2023 menghadirkan  pimpinan atau perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah  (UKPD) bertempat di Ruang Rapat Gelatik Utama Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Munjirin dalam keterangan tertulisnya menyoroti visi masa depan  Jakarta yang akan menjadi kota global. Terkait hal itu, dia meminta kepada semua jajaran agar setiap kegiatan pembangunan mengacu kepada standar kota global (global city).

"Setiap langkah pembangunan harus bersinergi menuju cita-cita Jakarta sebagai global city. Dengan tidak menjadi ibu kota lagi, kami berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai kota mandiri," ujar Munjirin.

Sebelumnya, Munjirin  mengajak sektor swasta agar memanfaatkan dana program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), untuk melakukan penghijauan demi menekan polusi udara di wilayahnya.

Dia juga berjanji menyiapkan lokasi lahan yang masih memungkinkan, bila ada pihak swasta yang mau berkontribusi untuk melakukan penghijauan.

Munjirin  mengajak masyarakat untuk mengambil peran untuk menekan polusi udara di Jakarta Selatan, dengan cara menyumbang pohon serta melakukan penanaman.

Selain mengajak untuk melakukan penghijauan di Jakarta Selatan, Munjirin juga mengimbau agar pengelola gedung menerapkan konsep green building atau bangunan hijau, dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada, baik di bagian atap gedung atau di badan bangunan.

Ia juga menyampaikan bahwa dirinya sudah mengumpulkan para pengelola gedung, untuk memasang penyemprot air otomatis atau watermist generator.
Baca juga: Jakbar mulai bangun sekolah ramah lingkungan
Baca juga: Warga Jakut maksimalkan pengelolaan lingkungan untuk raih Adipura 2023
Baca juga: DKI minta empat sekolah tekan emisi lewat bangunan ramah lingkungan

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023