Netralitas merupakan salah satu prinsip yang harus dijunjung tinggi setiap ASN
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin
kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut untuk bersikap netral pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kita sebagai ASN yang sudah ikrar netralitas, tinggal menerapkannya saat bersosial media maupun dalam kegiatan sehari-hari," ujar Munjirin dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan telah mengucapkan ikrar netralitas dalam Pemilu 2024 pada 25 September 2023. "Netralitas merupakan salah satu prinsip yang harus dijunjung tinggi setiap ASN," katanya.
 
Selama pesta demokrasi, ASN di wilayah tersebut juga harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat, terutama dalam bermedia sosial.

Baca juga: KPU Jaksel manfaatkan GOR hingga sekolah untuk logistik Pemilu 2024

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan Muhammad Taqiyuddin mengatakan, pihaknya terus melakukan persiapan menyelenggarakan Pemilu 2024.

"Sejauh ini beberapa tahapan berjalan beriringan, seperti sosialisasi dan lainnya," ujar Taqiyuddin.

Dia juga mengatakan logistik Pemilu 2024 telah berada di Gudang Logistik KPU Jakarta Selatan di Pergudangan Sarinah, Cikoko, Pancoran.

Gudang seluas kurang lebih 1.500 meter persegi (m2) tersebut menyimpan berbagai perlengkapan pemungutan suara seperti 26.880 kotak suara, bilik suara sebanyak 26.860, tinta sebanyak 13.430 dan segel plastik pengganti gembok sebanyak 141.015 buah.

Untuk menjaga keamanan logistik, KPU Jakarta Selatan telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Selain itu, tindakan preventif seperti fumigasi telah dilakukan guna mengantisipasi kerusakan logistik.

Persiapan tambahan seperti penggunaan palet untuk meningkatkan perlindungan terhadap logistik juga telah dipersiapkan.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Selatan minta Panwaslu pegang teguh pakta integritas

Berdasarkan jadwal, Taqiyuddin mengatakan, Gudang KPU Jakarta Selatan (Jaksel) akan mulai mendistribusikan ke 10 kecamatan mulai 1 Desember mendatang.

Untuk di tingkat kecamatan, KPU menggunakan berbagai fasilitas pemerintah daerah untuk menyimpan logistik Pemilu 2024.

Untuk lima kecamatan, yakni Pesanggrahan, Jagakarsa, Pancoran, Cilandak, dan Pasar Minggu yang menggunakan fasilitas gelanggang olahraga (GOR).

Sementara Kecamatan Kebayoran Baru memanfaatkan SDN Selong 04 dan Kecamatan Tebet akan menggunakan Gedung Kesenian dan Kebudayaan.

"Untuk sisanya, yakni Mampang, Kebayoran Lama dan Setiabudi, logistik akan dilakukan di kantor kecamatan masing-masing," kata Taqiyuddin.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023