Hangzhou (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menggelar pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach pada Jumat (22/9) di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China timur.

Dalam pertemuan yang dilakukan sehari menjelang pembukaan Asian Games ke-19 itu, Xi Jinping menyatakan bahwa China selalu mementingkan pengembangan olahraga, dan secara aktif berpartisipasi dalam berbagai urusan Olimpiade internasional.

"China akan bekerja sama dengan IOC untuk menegakkan prinsip nonpolitisasi olahraga, memanfaatkan sepenuhnya warisan Olimpiade Musim Dingin Beijing, dan memberikan kontribusi baru yang lebih besar untuk memajukan tujuan Olimpiade dan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," tutur Xi.

Lebih lanjut Xi Jinping memuji komitmen IOC yang konsisten dengan aspirasi awal mendorong persatuan dan kemajuan umat manusia.

Menghadapi tantangan berat yang dibawa oleh berbagai perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam satu abad dan pandemi COVID-19, menurut Xi, IOC tetap setia pada aspirasi awalnya dan memainkan peran unik untuk menjaga perdamaian dan pembangunan dunia serta

Mengenai persiapan untuk Asian Games ke-19, Presiden Xi memastikan semuanya sudah siap. "Pemerintah dan rakyat China sangat yakin dapat menyuguhkan Asian Games yang spektakuler, dan berkontribusi bagi pengembangan gerakan Olimpiade serta persatuan dan persahabatan masyarakat Asia," demikian Xi Jinping.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023