Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Pembangkit listrik portabel BLUETTI kini semakin ramah lingkungan, bahkan siap digunakan untuk kesiapsiagaan bencana. Jika Anda ingin membeli panel surya, kami akan memberikan panduannya secara sekilas.

Bagaimana cara panel surya "menghasilkan listrik dari sinar matahari"? Kita sering mendengar istilah tersebut, namun bagaimana sebenarnya panel surya memproduksi listrik? Panel surya terdiri atas dua jenis semikonduktor. Setiap semikonduktor mengumpulkan elektron positif (+) dan negatif (-) ketika terpapar sinar matahari dan berfungsi sebagai sebuah baterai.

Meski prinsipnya sama, panel surya memiliki perbedaan dalam aspek efisiensi produksi listrik, daya keluaran, daya tahan, dan kompatibilitas. Sejumlah faktor ini menjadi bahan pertimbangan Anda. Mulai dari mengecas ponsel pintar dan perangkat lain, panel surya berkapasitas 10-50 W masih memadai. Namun, panel surya 100 W lebih dianjurkan untuk mengecas alat pembangkit listrik portabel.

Daya tahan produk juga menjadi salah satu poin penting untuk dipertimbangkan. Apalagi, produk ini akan digunakan di alam terbuka. Anda sebaiknya memilih produk yang tidak hanya tangguh, melainkan juga mampu bertahan dari hujan rintik-rintik yang terjadi tiba-tiba.

Jika Anda ingin memakai panel surya, pembangkit listrik portabel ideal merupakan produk ideal. Anda tidak hanya dapat memanfaatkan produk tersebut dalam cuaca yang baik, namun juga musim hujan dan malam hari. Sumber listrik portabel terdiri atas berbagai jenis. Anda hanya perlu memilih kapasitas produk yang sesuai dengan aplikasi dan tujuan pemakaian. Meski demikian, faktor terutama adalah aspek keamanan produk. Di antara berbagai jenis sumber listrik portabel, produk yang paling aman adalah produk yang memakai baterai "lithium-ion iron phosphate".

Bahkan, ada sebuah trik menggunakan panel surya. Guna memaksimalkan efisiensi pengecasan, sebagai langkah pertama, Anda dapat mengatur posisi panel surya agar berhadapan dengan matahari pada sudut yang tepat. Seiring berjalannya waktu, sudut paparan sinar matahari berubah. Maka, posisi panel surya pun harus disesuaikan kembali. Perlu dicatat, Anda harus menghindari posisi panel surya yang tidak terkena sinar matahari. Meski sebagian kecil panel surya yang tertutupi bayangan, maka efisiensinya dalam memproduksi listrik akan berkurang. Untuk itu, Anda harus mencari cara agar sinar matahari menerangi seluruh permukaan panel surya. Anda pun harus menjaga panel surya tetap bersih dan memasangnya di area dengan sirkulasi udara yang baik.

BLUETTI, pemimpin industri yang memasarkan pembangkit listrik portabel di lebih dari 70 negara di seluruh dunia, menawarkan produk pembangkit listrik portabel dan panel surya yang dapat digunakan sebagai sistem tenaga surya.

BLUETTI PV120 & EB3A

Satu unit panel surya PV120 dapat menghasilkan listrik hingga 120 W dan dapat digunakan dengan EB3A/EB55/EB70S/AC60/AC180/AC200MAX. Lebih lagi, satu unit PV120 mampu mengecas EB3A hingga dayanya penuh dalam waktu sekitar 3,3 jam.

Berbeda dari panel surya 100 W atau 200 W yang dapat dilipat, BLUETTI PV350 dapat menghasilkan listrik hingga 350 W. Dalam satu hari, matahari bersinar terang hanya dalam periode tertentu. Maka, Anda dianjurkan agar menyimpan energi sebanyak-banyaknya ketika matahari bersinar terang.

Saat digabungkan dengan AC200MAX yang berkapasitas lebih besar, Anda dianjurkan agar menghubungkan  2~3 panel surya sebagai sebuah rangkaian.

Panel surya BLUETTI dilengkapi kabel MC4 yang serbaguna. Kabel ini tidak hanya dapat digunakan dengan pembangkit listrik portabel BLUETTI, namun juga pembangkit listrik portabel buatan produsen lain jika spesifikasinya cocok.

Pembangkit listrik portabel BLUETTI memakai baterai lithium-ion iron phosphate yang paling aman. Baterai ini aman, reliabel, dan tahan lama. Dari sisi kegunaan produk untuk berkembah, bermalam, dan pencegahan bencana, Anda harus memilih produk yang paling aman. Maka, sistem Pembangkit Listrik Portabel & Panel Surya BLUETTI pasti memenuhi ekspektasi Anda.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023