Shijiazhuang (ANTARA) - Kawasan Beijing-Tianjin-Hebei membukukan peningkatan perdagangan luar negeri sebesar 2,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi sekitar 3,28 triliun yuan atau sekitar 457,28 miliar dolar AS dalam delapan bulan pertama tahun ini, Bea Cukai Shijiazhuang menyatakan.

Perdagangan luar negeri kawasan itu menyumbang 12,1 persen dari total perdagangan luar negeri China pada periode yang sama.

Dari Januari hingga Agustus 2023, nilai impor kawasan ini mencapai sekitar 2,43 triliun yuan, naik 1,3 persen (yoy), sementara nilai ekspornya nyaris mencapai 856,17 miliar yuan, naik 4,2 persen (yoy).

Perdagangan luar negeri kawasan itu dengan Uni Eropa (UE), Amerika Serikat (AS), Australia, dan Brasil masing-masing meningkat 0,4 persen, 1,4 persen, 12,3 persen, dan 33,9 persen dalam delapan bulan pertama tahun ini.

Selama periode tersebut, produk mekanis dan elektrik menyumbang lebih dari setengah dari total nilai ekspor kawasan itu. Sementara itu, ekspor produk minyak sulingan mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan dan signifikan, naik 47,5 persen (yoy).

Dalam hal komoditas impor, impor minyak mentah menempati posisi pertama dalam delapan bulan pertama 2023. Selain itu, impor produk teknologi tinggi dan impor produk pertanian tumbuh pesat pada periode tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023