Jakarta (ANTARA) - Atlet ice skating Dwiki Eka Ramadhan dan Tasya Putri Setiabudiawan berharap Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP FISI) lebih berkembang pada periode kepengurusan selanjutnya.

Hal itu mereka ungkapkan sehubungan dengan pelaksanaan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pertama PP FISI untuk kepengurusan periode tahun 2023/2027 yang berlangsung di Jakarta, Sabtu.

"Harapan kami untuk kepengurusan FISI ke depannya yang sudah baik harus lebih baik lagi. Kami sebagai atlet berharap yang terbaik untuk kepengurusan baru," kata Dwiki Eka Ramadhan.

Sementara itu Tasya berharap PP FISI ke depannya meningkatkan pengembangan dan pelatihan atlet sehingga dapat menorehkan prestasi lebih.

Baca juga: Cabang ice skating akan masuk dalam pertandingan eksibisi PON 2024

Ke depannya, cabang olahraga ice skating akan masuk dalam pertandingan eksibisi Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara. Mengenai hal tersebut Tasya mengapresiasi kinerja dari FISI yang telah memperjuangkan keikutsertaan ice skating masuk dalam PON setelah bertahun-tahun menanti.

"Kami senang sekali dengan masuknya ice skating ke eksibisi PON 2024, soalnya tahu kepengurusan FISI ini sudah memperjuangkan untuk ikut PON dari tahun-tahun sebelumnya, akhirnya bisa ikut serta dalam PON. Berarti ini suatu kemajuan ice skating di Indonesia,” kata Tasya.

Dalam Munas, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman berharap cabang ice skating ke depannya mampu menorehkan prestasi di Olimpiade Musim Dingin.

“Mari kita gemparkan dunia bahwa Indonesia bisa menjadi juara pada Olimpiade Musim Dingin. Kunci berprestasi itu, kita harus bersatu, dengan demikian siapa pun yang terpilih kami berikan dukungan,” kata Marciano.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jendral Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Desra Firza Ghazfan mengatakan bahwa ke depannya cabang ice skating berkemungkinan menjadi cabang olahraga dari Indonesia yang lolos pertama kali ke Olimpiade Musim Dingin.

“Bukan tidak mungkin ice skating menjadi cabang olahraga pertama yang meloloskan atlet Indonesia pada Olimpiade Musim Dingin,” ujarnya membacakan sambutan Ketum KOI sembari mengapresiasi perkembangan pembinaan olahraga ice skating.

Baca juga: Pembangunan stadion utama PON 2024 telan anggaran Rp587 miliar
Baca juga: Wagub NTT beraudiensi dengan Menpora terkait kesiapan PON 2028

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023