Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP FISI) menyampaikan bahwa cabang olahraga ice skating akan masuk dalam pertandingan ekshibisi Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara.

“Tahun depan rencananya, FISI akan melakukan ekshibisi pada PON XXI, tepatnya di Medan. Ini merupakan capaian yang sangat berarti untuk FISI, melihat perjuangan kita untuk bisa ikut PON dari tahun-tahun sebelumnya sangat amat terbayar dengan ini, ” kata Ketua Umum PP FISI Suzan Herawati di Jakarta, Sabtu.

Hal itu diungkapkan Suzan saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) PP FISI pertama untuk kepengurusan periode tahun 2023/2027 yang berlangsung di Harris Hotel & Conventions, Jakarta, yang juga dihadiri sejumlah perwakilan lembaga olahraga nasional.

Baca juga: Tuan rumah PON 2024 butuh stadion untuk pembukaan dan penutupan

"Terima kasih kepada Pak Marciano yang sudah hadir dan membuka Munas ini untuk pertama kali di tahun 2023. Saya berharap Munas ini berjalan dengan baik dan memilih seorang ketua yang diharapkan seluruh masyarakat untuk meneruskan kepemimpinan kami sebelumnya," ujar Suzan.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman memberikan apresiasi kepada Suzan dan jajarannya yang telah memberikan sejumlah prestasi selama periode kepengurusan saat ini.

“FISI menjadi anggota KONI Pusat yang tergolong baru, namun di bawah kepemimpinan Ibu Suzan selaku Ketum PP FISI beserta jajarannya, ice skating berhasil menorehkan tinta emas untuk Indonesia. Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan apresiasi kepada Ibu Suzan dan jajarannya, atas prestasi atlet-atlet ice skating Indonesia. Itu tidak dapat dicapai tanpa ada organisasi yang tata kelolanya baik,” kata Marciano.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Desra Firza Ghazfan mengatakan bahwa ke depannya cabang ice skating berkemungkinan menjadi cabang Indonesia yang lolos pertama kali ke Olimpiade Musim Dingin.

“Bukan tidak mungkin ice skating menjadi cabang olahraga pertama yang meloloskan atlet Indonesia pada Olimpiade Musim Dingin,” ujarnya membacakan sambutan Ketum KOI sembari mengapresiasi perkembangan pembinaan olahraga ice skating.

Baca juga: Ketua KONI Jakarta targetkan Jakarta juara umum cabor berkuda di PON
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023