Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman melantik Suzan Herawati menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP FISI) periode 2023-2027.

"Pagi ini saya melantik dan mengukuhkan Pengurus Pusat Federasi Ice Skating Indonesia (PP FISI) masa bakti 2023-2027. Tadi saya berpesan bahwa ice skating ini cabang olahraga yang kecil karena fasilitasnya memang masih terbatas, tapi mereka punya kesempatan besar untuk ikut serta dalam Olimpiade musim dingin," kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman di Jakarta, Senin.

Marciano Norman berharap ke depannya PP FISI mampu mengembangkan pembinaan-pembinaan atlet dan mampu mensosialisasikan olahraga tersebut pada generasi muda.

Baca juga: Atlet ice skating Dwiki dan Tasya berharap PP FISI lebih berkembang

"Saya berharap ketua umum nanti mampu meningkatkan kualitas pembinaan dalam organisasi yang tidak besar ini, dengan memberikan prestasi yang luar biasa. Mari kita sama-sama bantu mensosialisasikan ice skating sebagai salah satu olahraga yang digemari anak-anak muda, yang juga bisa mengangkat harkat dan martabat Indonesia di keikutsertaannya di Olimpiade musim dingin," ungkap Marciano Norman.

Ke depannya, PP FISI menyiapkan para atlet untuk dikirimkan ke ajang junior world yang berlangsung pada November di Belanda, lalu agenda sebagai tuan rumah Asian Open Short Track Ice Skating 2024 dan pertandingan eksibisi Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Dalam jangka waktu dekat ini, kami akan mengikuti junior world untuk pertama kalinya untuk disiplin short track speed skating. Ada satu junior ladies kami yang bertanding di Belanda pada bulan November. Kami mempersiapkan juga sebagai tuan rumah Asian Open Short Track Ice Skating 2024," kata Ketua Umum PP FISI Suzan Herawati.

Selain itu untuk mengembangkan pembinaan atlet di daerah, PP FISI juga saat ini telah mengesahkan lima pengurus provinsi. Dalam waktu dekat PP FISI akan mengesahkan FISI Pengprov Jawa Timur dan Sumatera Utara.

"Tujuan akhir kami adalah menghasilkan atlet-atlet yang bisa masuk kualifikasi Olimpiade musim dingin," ungkap Suzan.

Baca juga: Cabang ice skating akan masuk dalam pertandingan eksibisi PON 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023