Total hadiah diperebutkan Rp180 juta.."
Bukittinggi (ANTARA News) - Sebanyak 6.949 pelajar di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ambil bagian dalam Lomba Lari Wisata 10 K pada 12 Mei 2013.

"Mereka semua sudah mendaftar ke panitia," kata Ketua Pelaksana Lomba Lari Wisata 10 K Maderizal didampingi Wakil Ketua Achmad Saimi, Jumat.

Selain pelajar dan umum, sejumlah atlet dari Kenya, Filipina, dan Malaysia juga ikut ambil bagian pada ajang lomba lari wisata sejauh 10 kilometer tersebut, kata dia.

Atlet dari negara tersebut telah melakukan konfirmasi ikut yakni David Mutai dan Charles Kipkorir dari Kenya, dan Teresa Peligrino dari Filipina, Kibor Hilari Kripto, serta Aman Bin Yusop dari Malaysia.

"Total hadiah diperebutkan Rp180 juta yang dianggarkan melalui dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bukittingggi," katanya.

Lomba Lari Wisata 10 K akan diikuti 10 ribu peserta termasuk sejumlah atlet dari beberapa negara tetangga itu, katanya.

Rute Wisata 10 K dari depan Balai Kota lama Sudirman, menuju simpang DPRD, Bioskop Sovia menuju Simpang Tembok, Pasar Bawah, Simpang Mandiangin, By Pass, Jirek, Panorama dan finish di Jalan Sudirman.

Lomba Lari Wisata 10 K sebagai ajang untuk mengajak siswa menggemari olahraga atletik, sekaligus mencari bibit atlet berbakat sejak usia remaja, serta untuk mempromosikan pariwisata Bukittinggi.

"Dengan adanya Wisata 10 K kami harapkan mampu membangkitkan semangat berprestasi para atlet di Kota Bukittinggi," katanya. (KR-HMR/Z002)

Pewarta: Hamriadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013