Bapanas, Bulog, Kemendag ada kegiatan Gerakan Pangan Murah setiap hari jadi kalau masyarakat mau beras harga murah bagus berasnya ada
Jambi (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin Gerakan Pangan Murah dilakukan setiap hari guna memastikan ketersediaan dan harga beras yang terjangkau masyarakat.

"Bapanas, Bulog, Kemendag ada kegiatan Gerakan Pangan Murah setiap hari jadi kalau masyarakat mau beras harga murah bagus berasnya ada," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Jambi, Sabtu.

Zulhas menegaskan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar Kemendag bersama pihak terkait harus bergerak cepat menurunkan harga beras.

Pihaknya menginstruksikan kepada gubernur, bupati dan wali kota untuk melakukan operasi pasar. Di hadapan masyarakat, Zulhas menegaskan bahwa ada operasi pasar beras Bulog yang sudah terjamin kualitasnya harganya Rp11 ribu paling mahal untuk wilayah Jawa, Bali dan Sumatera.

"Ada stok banyak di Bulog sekira 1,6 juta ton dan akan terus bertambah," katanya.

Kepada masyarakat diminta untuk tidak khawatir kekurangan beras, karena pihaknya sudah memastikan ketersediaan beras. Sehingga masyarakat tidak perlu menyimpan  beras secara berlebihan di rumah.

"Beras kita banyak, persediaannya banyak," katanya.

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya ke Jambi Kementerian Perdagangan menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat.

Sejak September hingga November 2023, Pemerintah memberikan bantuan pangan beras sebesar 10 kilogram kepada 21,5 juta keluarga penerima manfaat se Indonesia.

Sementara itu, di Provinsi Jambi penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap II tahun 2023 sudah bergulir.

Bantuan beras tersebut ditujukan kepada 119 ribu keluarga penerima manfaat yang masing-masing mendapatkan 10 kilogram selama tiga bulan.

Baca juga: Bulog Jambi menjajaki kerja sama perluasan pasar dengan ritel modern
Baca juga: Bulog Jambi gelar pasar murah di pasar tradisional

Pewarta: Tuyani
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023