Sebanyak 942 titik panas atau hotspot terpantau di wilayah Sumatera. Terbanyak di Sumatera Selatan 569 titik dan Lampung 299 titik
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil pemantauan titik panas (hotspot) terbaru, Sabtu (23/9) di wilayah Sumatera terdapat 942 hotspot.

"Sebanyak 942 titik panas atau hotspot terpantau di wilayah Sumatera. Terbanyak di Sumatera Selatan 569 titik dan Lampung 299 titik," kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu A dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu.

Baca juga: Tim Satgas padamkan delapan titik hotspot di OKU Sumsel

Ia menyebutkan sejumlah hotspot di Sumatera tercatat sebagai berikut Bengkulu 22 titik panas, Jambi 6 titik panas, Lampung 299 titik panas.

Selanjutnya, di Sumatera Barat sebanyak 7 titik panas, Sumatera Selatan 569 titik panas, Bangka Belitung 38 titik panas dan Riau 1 titik panas yakni di Kabupaten Indragiri Hulu.

Selain itu BMKG Stasiun Pekanbaru juga merilis prakiraan cuaca di Riau pada Sabtu (23/9) hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin, hujan mengguyur Riau pada malam hingga dini hari.

Baca juga: Petugas padamkan api di beberapa titik kebakaran Gunung Jayanti

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pada malam potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sejumlah wilayah Riau yakni di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru," katanya.

Pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

"Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Potensi tersebut dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi dan juga Kepulauan Meranti pada malam dan dini hari, " katanya.

Untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 21.0 – 34.0 °C dengan kelembaban udara 50 – 99 persen sementara arah angin berhembus ke tenggara – barat daya dengan kecepatan 10–30 km/jam.

Baca juga: Kepala BNPB: Karakter karhutla Kalsel miliki banyak titik api

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023