Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu mengharapkan perayaan Hari Jadi ke-22 Kota Batu pada Oktober 2023, mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah tersebut.

Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi di Kota Batu, Minggu, mengatakan bahwa dengan banyaknya rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu, bisa memberikan dampak terhadap peningkatan wisatawan yang berkunjung dan menginap di wilayah itu.

"Oktober ini banyak program menarik pada peringatan HUT ke-22 Kota Batu, kami harapkan kunjungan semakin tinggi pada waktu tersebut," kata Sujud.

Sujud menjelaskan, kondisi saat ini khususnya berkaitan dengan tingkat okupansi hotel di wilayah Kota Batu, sudah mulai membaik jika dibandingkan pada Agustus 2023. Saat itu, tingkat okupansi hotel tercatat cukup rendah, dengan rata-rata berkisar 20 persen pada hari biasa.

Menurutnya, pada periode Agustus setiap tahunnya, tingkat okupansi hotel di wilayah Kota Batu memang mengalami penurunan. Hal tersebut diperkirakan masyarakat banyak yang disibukkan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia.

"Memang dari dulu seperti itu, orang konsentrasi pada peringatan kemerdekaan. Banyak kegiatan di wilayah mereka, banyak karnaval dan lainnya. Agustus itu memang rendah, sama seperti pada Februari," ujarnya.

Kondisi saat ini, lanjutnya, tingkat okupansi hotel di wilayah Kota Batu pada hari biasa sudah mencapai 50 persen. Sementara pada saat akhir pekan, tingkat okupansi berkisar 80-90 persen, dan ada sejumlah hotel yang penuh.

"Sementara hari libur pada September 2023, ada yang 100 persen, kalau rata-rata 80-90 persen. Untuk Agustus weekend itu tidak sampai 80 persen, sekitar 70 persen saja," ujarnya.

Ia menambahkan, pada periode Agustus 2023, kegiatan dari sektor swasta masih belum banyak dirasakan berdampak di hotel-hotel yang menjadi anggota PHRI. Diperkirakan, okupansi akan kembali meningkat yang didorong banyaknya kegiatan sektor swasta pada akhir tahun.

"Perusahaan swasta atau corporate belum keluar, mereka biasanya akhir tahun. Mulai Oktober sampai Desember. Desember itu paling tinggi," tambahnya.

Dinas Pariwisata Kota Batu telah meluncurkan sejumlah rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi ke-22 Kota Batu. Sejumlah kegiatan tersebut antara lain adalah kegiatan bersih lingkungan, pentas budaya, gerak jalan indah, Batu fun run, festival musik, dan lainnya.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu yang mengedepankan kepentingan masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional, yang diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.

Baca juga: Festival Internasional Paragliding Kota Batu dongkrak promosi wisata

Baca juga: Gubernur: Wisata petik jeruk jadi magnet baru wisatawan ke Kota Batu


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023