Batu International Tourism Paragliding Festival ini momen promosi Kota Wisata Batu menjadi destinasi wisata berkelas internasional.
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 yang diselenggarakan pada 6-9 Juli di Kota Batu, Jawa Timur diharapkan mampu mendongkrak promosi sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, di Kota Batu, Kamis, mengatakan bahwa Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 merupakan momen untuk menunjukkan bahwa Kota Wisata Batu adalah destinasi wisata yang berkelas internasional.

"Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Batu International Tourism Paragliding Festival ini, menjadi momen promosi Kota Wisata Batu menjadi destinasi wisata berkelas internasional," kata Aries.

Aries menjelaskan, penyelenggaraan event yang sesungguhnya digelar tiap tahun namun sempat terhenti karena pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona tersebut, dinilai mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat tersebut, katanya lagi, maka diharapkan pula sektor perekonomian di wilayah setempat juga ikut meningkat, yang pada akhirnya memberikan dampak positif kepada masyarakat Kota Batu.

"Dengan event ini kami berkeinginan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat," katanya lagi.

Selain mempromosikan sektor pariwisata, ujarnya pula, Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 juga diharapkan mampu mendorong perkembangan paralayang dan olahraga lain yang saat ini banyak menjadi perhatian dan minat masyarakat.

"Kami akan terus dukung dan perbanyak sport tourism di Kota Wisata Batu, sesuai dengan karakter potensi alam untuk membangkitkan sektor pariwisata Jawa Timur dan nasional," katanya pula.

Penyelenggaraan Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 kali ini menjadi momentum untuk kebangkitan sport tourism di wilayah itu, setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kota Batu kejuaraan yang digelar di venue Paralayang Gunung Banyak itu diikuti 132 atlet Indonesia dan delapan atlet asal Malaysia, yang akan dilaksanakan pada 6-9 Juli 2023.

Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 merupakan kerja sama dengan Lanud Abdulrachman Saleh dan Korem 083 Baladika Jaya serta melibatkan Federasi Aerosport Indonesia (FASI) Jawa Timur, dan sejumlah pihak terkait lainnya.
Baca juga: Sport tourism mengangkat potensi pariwisata Kota Batu
Baca juga: Gubernur Khofifah ajak masyarakat berlibur ke Jawa Timur


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023