Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ahmad Rofiq menilai keluarga bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang harmonis menjadi alasan para pemilih perempuan memilih mantan Gubernur Jawa Tengah itu pada Pilpres 2024.

"Bisa kita lihat bahwa keluarga Mas Ganjar sangat rukun, bersahaja, saling mendukung dan hampir tidak ada kekurangannya. Istri Mas Ganjar adalah putri dari seorang kiai besar di Jawa Tengah, begitu juga anaknya menjadi figur bagi generasi muda yang layak jadi contoh," kata Rofiq dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sebab, kata dia, pemilih perempuan merupakan pemilih cermat yang melihat sosok bakal capres dari figur keluarga yang harmonis dan dapat menjadi contoh bagi keluarga-keluarga mereka.

Rofiq juga menilai pemilih perempuan kerap mencari sosok pemimpin yang dapat memberikan harapan bagi masa depan keluarganya, sebagaimana sosok Ganjar Pranowo.

"Mas Ganjar dalam hal ini dianggap figur yang pas dan bisa memberikan kepastian dalam memenuhi harapan masa depannya, dalam hal ini lapangan kerja, pendidikan, dan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP Romahurmuziy menilai Ganjar dalam setiap kesempatan dan sosialisasi di tengah masyarakat tampil sebagai sosok yang utuh sebagai kepala keluarga.

Dia memandang bahwa seorang kepala keluarga yang baik lebih berpeluang untuk menjadi pemimpin yang baik di tingkat nasional.

Baca juga: Hary Tanoe puji Ganjar sosok pemimpin ideal saat lari pagi bersama

Baca juga: Siti Zuhro: Aura dan ekspresi faktor perempuan lebih pilih Ganjar


Menurut dia, Ganjar selalu mengajak istri dan anaknya dalam berbagai kesempatan tersebut. Untuk itu, dia menilai sosok Ganjar tersebut menjadi daya tarik bagi pemilih perempuan untuk memilih Ganjar pada Pilpres 2024.

"Mas Ganjar berkegiatan bersama istri dan anaknya. Sehingga bagi seorang perempuan, mereka mudah menilai bahwa mas Ganjar adalah seorang kepala keluarga yang baik," tuturnya.

Survei Litbang Kompas dilakukan sepanjang 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat. Tingkat kepercayaan survei 95 persen, margin of error lebih kurang 2,65 persen.

Berdasarkan Survei Litbang Kompas pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 disebutkan bahwa pemilih perempuan berpotensi lebih banyak memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo, disusul Prabowo Subianto, lalu Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Di kalangan perempuan yang sudah memastikan pilihannya, tercatat Ganjar Pranowo meraih elektabilitas sebesar 36,6 persen, lalu Prabowo meraih elektabilitas sebesar 30,5 persen, dan Anies Baswedan meraih elektabilitas sebesar 23,2 persen. Sementara 9,7 persen responden lainnya tidak menjawab.

Survei Litbang Kompas tersebut dilakukan dengan melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat dengan margin of error sekitar 2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023