Makassar (ANTARA) - Bakal calon presiden Indonesia Anies Rasyid Baswedan, berharap Universitas Hasanuddin (Unhas) mempertajam konsep kemaritiman di Indonesia.

Kepala Pusat Studi Perubahan Iklim pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr Ir M Rijal Idrus, MSc, sebagai salah satu panelis membahas soal pandangan Anies Baswedan terkait permasalahan benua maritim Indonesia pada ajang Indonesian’s Leaders Talk : Bedah Gagasan dan Visi Pemimpin Bangsa” di Baruga AP Pettarani Unhas Tamalanrea, Minggu.

Ia mengatakan, hasil sumber daya perairan Indonesia yang besar, akan tetapi belum mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Anies kemudian memberikan gambaran serta gagasannya tentang upaya penguatan benua maritim yang seyogyanya merupakan identitas Indonesia. Menurutnya, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengatur anggaran secara tepat.

Ia menjelaskan, Unhas sebagai kampus yang gagasan dan konsep di bidang kemaritimannya telah diakui.

Karena itu, dirinya berharap pihak Unhas berperan lebih besar untuk perekonomian Indonesia timur yang lebih baik. Dirinya berharap kontribusi kampus dalam penjaga arah dari negara ini.

“Banyak gagasan pembaharuan yang disampaikan, namun ketika masuk dalam struktur birokrasi, banyak perubahan yang terjadi. Ini yang kemudian harus kita perhatikan bersama, sistem harus dibangun dan didukung dengan program nyata,” jelas Anies di hadapan mahasiswa dan dosen Unhas.

​​​
Indonesian’s Leaders Talk yang diselenggarakan oleh Unhas merupakan salah satu ruang diskusi yang menghadirkan para akademisi. Dalam kegiatan ini, menghadirkan enam panelis dari berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda.


Baca juga: Anies: Maksimalkan peran PKK dalam penanganan stunting

Baca juga: Anies Baswedan jalani ritual kehormatan Kedatuan Luwu di Palopo

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023