kami sudah melakukan operasi pencarian terhadap korban hingga hari ketujuh pada 23 September 2023
Kendari (ANTARA) - Seorang nelayan bernama La Rifan (31), yang hilang di sekitar Perairan Pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ditemukan dalam keadaan selamat di sekitar Perairan Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah melalui keterangan resminya Minggu, mengatakan bahwa La Rifan ditemukan di sekitar Perairan Kabupaten Selayar oleh seorang nelayan Bulukumba, pada Kamis (21/9) sekitar pukul 11.00 WITA.

"Pada pukul 17.00 WITA, kami terima informasi dari Bapak Syahril yang melaporkan penemuan korban atas nama La Rifan pada hari Kamis 21 September 2023," kata Arafah.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini korban berada di Desa Tanah Jaya, Kecamatan Kandang Kassi, Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

Baca juga: Basarnas cari nelayan yang hilang di Perairan Pulau Batu Atas Busel
Baca juga: Basarnas perpanjang masa pencarian nelayan hilang di perairan Blitar


Diketahui, sebelum menerima informasi penemuan korban, Tim Penyelamat Basarnas Kendari melakukan pencarian korban hingga hari ketujuh dan tidak menemukan keberadaan korban, sehingga operasi pencarian tersebut harus ditutup.

"Kami sudah melakukan operasi pencarian terhadap korban hingga hari ketujuh pada 23 September 2023 lalu, dan kami hentikan pencarian itu dengan hasil nihil," ungkapnya.

Sebelumnya, Tim Penyelamat Pos SAR Baubau, Basarnas Kendari melakukan pencarian terhadap seorang nelayan yang hilang di sekitar Perairan Pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Muhammad Arafah mengatakan bahwa informasi hilangnya korban pertama kali dilaporkan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Busel, pada Minggu (17/9) sekitar pukul 19.40 WITA.

"Yang melaporkan bahwa satu orang belum kembali dari melaut dengan menggunakan perahu di sekitar Perairan Pulau Batu Atas," kata Arafah.

Baca juga: Nihil, Basarnas Trenggalek setop cari 8 nelayan korban kecelakaan laut
Baca juga: Basarnas: Dua nelayan Morotai hilang ditemukan di perairan Filipina
Baca juga: SAR gabungan perluas pencarian guna temukan nelayan hilang tenggelam

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023