Untuk itu, kami menyediakan data base tentang pemetaan potensi dan peluang investasi di Kulon Progo sehingga investor memiliki gambaran tentang peluang yang bisa dikembangkan di Kulon Progo
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan data base tentang pemetaan potensi dan peluang investasi untuk menarik investor masuk ke wilayah itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kulon Progo Heriyanto di Kulon Progo, Senin, mengatakan Pemkab Kulon Progo menetapkan kawasan aerotropolis di Kecamatan/Kapanewon Wates dan Temon, geliat usaha di Kecamatan Temon 2020 hanya tercatat 383 pelaku usaha, dan Wates sebanyak 931 pelaku usaha.

Padahal, pemantik investasi sudah ada, yakni Bandara Internasional Yogyakarta.

"Untuk itu, kami menyediakan data base tentang pemetaan potensi dan peluang investasi di Kulon Progo sehingga investor memiliki gambaran tentang peluang yang bisa dikembangkan di Kulon Progo," kata Heriyanto.

Ia mengatakan berdasarkan dari data modal investasi di Kulon Progo dari Sistem Online Single Submission OSS tercatat Rp1,9 triliun untuk rencana investasi pada 2022.

Investasi tersebut membuka peluang angkatan tenaga kerja yang dibutuhkan 25.245 orang.

"Untuk itu, kami kami berupaya program data base tentang pemetaan potensi dan peluang investasi bisa sinkron dengan perencanaan pembangunan di Kulon Progo. Kami juga menyajikan data sebaran investasi di masing-masing kalurahan," katanya.

Selain itu, lanjut Heriyanto, DPMPTSP Kulon Progo menyusun kajian potensi dan peluang investasi (investment project ready to offer/IPRO) pada kawasan-kawasan strategis pengembangan.

Kemudian, menyebarluaskan informasi potensi dan peluang investasi melalui berbagai media informasi seperti website, media sosial, pameran. Selanjutnya, menyampaikan berbagai peluang investasi pada booklet promosi investasi tingkat provinsi dan nasional.

"Kami juga menyusun dan mencetak materi potensi dan peluang investasi untuk ditempatkan pada lobi hotel dan rumah makan serta ruang -ruang strategis yang lain," katanya.

Baca juga: Investasi enam hotel masuk Kulon Progo dampak Bandara YIA

Baca juga: Kulon Progo siapkan kajian kawasan kargo percepat investasi


 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023