Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Senin sore dan malam.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Putri Diana Tarigan, di Medan, Senin, mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di kawasan pantai timur, lereng timur, pegunungan, dan pantai barat Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Bibit siklon tropis 91W bawa peluang hujan di kota besar

"Kondisi tersebut harus diwaspadai oleh masyarakat karena berpotensi dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Senin siang dan sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Dairi, dan Pakpak Bharat.

Baca juga: Senin, BMKG perkirakan Jakarta didominasi cuaca cerah berawan

Pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, Batubara, Toba, dan Samosir.

Pada dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Pematang Siantar, Asahan, dan Batubara.

Baca juga: BMKG laporkan 10 persen wilayah Indonesia masuk musim hujan

Sementara suhu udara rata-rata 16-33 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023