Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan inspeksi mendadak dalam rangka memantau harga bahan pangan di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu, dan berjanji akan berupaya menstabilkan harga.

"Saya memantau harga pangan di lapangan," kata Gita Wirjawan di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, pemantauan harga secara langsung merupakan hal yang penting agar terdapat bukti yang diperoleh langsung dari para pedagang pasar.

Selain itu, ia juga mengemukakan bahwa sejumlah harga bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok warga seperti cabai, beras dan bawang relatif stabil.

Mendag dalam aksi pemantauan harga tersebut menyambangi beberapa pedagang dan bertanya langsung kepada mereka mengenai harga-harga bahan pangan.

Gita juga melakukan pembelian terhadap sejumlah komoditas seperti daging sapi dan ayam. Ia mengakui bahwa harga daging masih relatif tinggi.

Sebelumnya, Mendag mengatakan kestabilan harga pangan harus diwujudkan sebelum pemerintah menyesuaikan harga BBM bersubsidi.

"Kalau harga pangan turun, itu akan menjadi bekal untuk kita mengambil sikap atas kenaikan harga," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/4).

Gita mengatakan saat ini harga beberapa komoditas pangan mulai menunjukkan penurunan, setelah pada awal tahun mengalami kenaikan akibat kebijakan pembatasan impor hortikultura.

Namun, menurut dia, harga daging sapi masih tercatat tinggi di beberapa daerah, sehingga pemerintah berupaya mempercepat distribusi dan pengadaan daging sapi, termasuk melakukan impor.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013