Jakarta (ANTARA) - Relawan KawanJuang GP, pendukung calon presiden dari Partai PDI Perjuangan Ganjar Pranowo kembali melakukan bakti sosial pengobatan gratis di Jakarta dan Jawa Barat.

Selain pemeriksaan kesehatan massal, tim dokter dari relawan KawanJuang juga melakukan kunjungan ke rumah pasien di Jawa Barat pada 23 hingga 24 September 2023. Mereka yang dikunjungi adalah pasien yang tidak bisa berjalan menuju lokasi bakti sosial.

Koordinator lapangan KawanJuang GP Indra Nugraha menyebutkan dua pasien di wilayah Lembang yang didatangi tim dokter adalah Ilham (63) dan Mala (57). Keduanya merupakan penduduk Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Pak Ilham dan Bu Mala, menderita strok, sehingga tidak bisa datang ke lokasi bakti sosial," ujar Indra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Adapun, Timothy, dokter yang memeriksa, menuturkan Ilham harus segera mendapat perawatan intensif. Sebab pasien menderita strok pada Jumat malam dan masih dalam masa golden periode.

"Semakin cepat dibawa ke rumah sakit besar, maka peluang untuk pulih semakin besar. Karena menurut tim dokter masih masa emas," kata Indra.

Tidak hanya itu, dia mengatakan dirinya datang dari jauh tidak hanya sekadar membawa poster, akan tetapi pelayanan kepada masyarakat yang langsung menyentuh berupa kegiatan nyata. Menurutnya, kegiatan itu dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Desa Sunten Jaya, Heri, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan relawan KawanJuang.

"Pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini sangat dibutuhkan oleh warga," tambah Heri.

Selain di Lembang, pemeriksaan ke rumah juga dilakukan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Menurut koordinator acara KawanJuang di Ciamis Yushartika ada tiga pasien strok yang dilakukan home visit oleh tim dokter.

"Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan tekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah," ungkap Yushartika.

Tim dokter juga memberi obat dan vitamin gratis untuk masyarakat yang membutuhkan. Pekan ini, relawan KawanJuang melakukan kegiatan yaitu pengobatan massal serta senam sehat.

Tim tenaga kesehatan memeriksa tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah untuk masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Setiap titik bakti sosial diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar.

Billy Nugraha, salah satu tim dokter relawan Ganjar Pranowo berpesan agar masyarakat rajin berolah raga dan menjaga pola makan.

"Bila daya tahan tubuh kuat maka penyakit tak mudah singgah," pungkas Billy.

Baca juga: Pakar politik: Duet Prabowo-Ganjar itu opsi terakhir bagi dua koalisi

Baca juga: Akademisi minta Ganjar susun program bangun ketahanan pangan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023