Jakarta (ANTARA) - Relawan yang tergabung dalam Program Gotong Royong Untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) merangkul empat simpul relawan untuk menyatukan kekuatan memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Banyak relawan ini bergerak sendiri-sendiri. Jadi, lima simpul relawan 03 berdialog, diskusi menyamakan persepsi untuk meraih suara milenial-Gen Z. Sebetulnya bagaimana menyiapkan strategi untuk merebut suara milenial-Gen Z agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS), vote kepada pasangan calon 03 yang kita dukung," kata Deputi 2 Direktur Nasional Progresif Dina Albens dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dina mengatakan konsolidasi antara lima simpul relawan tersebut dilakukan untuk saling merangkul sesama relawan Ganjar-Mahfud agar perjuangan para relawan searah, lebih solid, dan tak bersifat sporadis. Konsolidasi juga dinilai penting sebagai bentuk gotong royong untuk menuju titik perjuangan yang sama.

Dina mengungkapkan konsolidasi simpul-simpul relawan tersebut telah dilakukan Progresif dalam diskusi bertema "Peluang Dua Putaran dan Strategi Relawan dalam Merebut Suara Milenial dan Gen Z" (18/1).

Acara diskusi dihadiri para tokoh dari masing-masing simpul relawan yaitu Riezky Delastama dari simpul relawan Aku Ganjar, Venny Asyita dari relawan ExtravaGanjar, Margaretta Putri dari Generasi Pemenang, dan Young Lex dari Peluru Tak Terkendali dan Epilog.

Dina mengungkapkan para relawan Ganjar-Mahfud selanjutnya akan bergotong royong menyampaikan narasi-narasi positif dari pasangan Ganjar-Mahfud untuk bisa lolos putaran pertama Pilpres 2024.

Dia juga mengatakan para relawan harus terus menggaungkan narasi-narasi prestasi Ganjar-Mahfud sebagai bentuk edukasi kepada calon pemilih.

Ia juga mengimbau para relawan untuk mengurangi hal-hal negatif, tak menjelekkan atau menyerang secara personal dalam proses demokrasi yang sakral bagi Indonesia.

"Apalagi tadi saat diskusi influencer, followersnya ada yang diserang buzzer. Jadi kurangi yang negatif dan jangan menyerang personal," ujar Dina.

Di sisi lain, konsolidasi menjadi peluang dua putaran bagi Ganjar-Mahfud dan menjadi semangat buat semua relawan.

Dengan demikian, ada momentum-momentum yang paling penting agar lolos putaran pertama.

Langkah berikutnya, para relawan 03 akan membuat satu gebrakan bersama generasi milenial-Gen Z menjelang 26 hari menuju pemilu. Para relawan akan fokus menyampaikan segudang prestasi Pak Ganjar, nilai serta visi-misi Ganjar-Mahfud.

Dina berharap, para relawan Ganjar-Mahfud akan terus bergerak, mengalir bersama dengan kuat, dan tak takut terhadap intimidasi yang banyak dirasakan para relawan Ganjar.

"Jadi dengan diskusi kami memotivasi semuanya untuk berjuang, selama itu baik untuk masyarakat dan tidak merugikan, berikan aspirasi yang bagus," ujar Dina dengan penuh semangat.

Selain itu, para relawan Ganjar-Mahfud terus berupaya untuk merebut hati milenial-Gen Z agar memberikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud.

Dina mengungkapkan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan relawan 01 dalam rangka diskusi untuk memperjuangkan demokrasi jika pemilu berjalan dua putaran.

"Karena banyak fenomena menunjukkan demokrasi ini malah mundur, jadi kami relawan menjaga demokrasi itu tetap tegak berdiri," tuturnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024