Kami akan terus berupaya melakukan perubahan karena waktu berlalu, situasi berubah
Jakarta (ANTARA) - Portal berita Antaranews.com menerima Penghargaan Direktorat Jenderal Pajak (Directorate General of Taxes /DGT Awards) untuk kategori media massa yang telah berkontribusi terhadap reformasi perpajakan Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan Suryo Utomo kepada Direktur Pemberitaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Irfan Junaidi.

“Penghargaan ini untuk semua insan ANTARA agar ke depan semakin bersemangat untuk mendorong masyarakat, pengusaha, serta semua kalangan agar lebih taat pajak demi mendukung perkembangan ekonomi negara,” kata Irfan dalam acara Sarasehan dan Update Reformasi Pajak Tahun 2023 di Jakarta, Senin.

Irfan menjelaskan kontribusi media sangat diperlukan dalam mendukung program-program perpajakan negara.

Dengan adanya Reformasi Perpajakan jilid III yang masih berlangsung hingga saat ini, Irfan menilai peran media begitu krusial untuk menyuarakan adanya perubahan-perubahan dalam pajak yang harus diketahui oleh masyarakat luas.

Baca juga: UMKM beromzet di bawah Rp500 juta tidak dikenakan pajak

Baca juga: Kanwil DJP: Realisasi penerimaan pajak di Sumbar tumbuh 10,77 persen


“Penghargaan ini juga sebagai wujud dari ANTARA untuk terus mendukung reformasi perpajakan serta program-program pajak lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pajak Suryo Utomo menyampaikan bahwa reformasi perpajakan saat ini terus dilakukan.

Menurut dia, perubahan-perubahan dalam peraturan, pengembangan sumber daya manusia serta sistem informasi menjadi aspek yang krusial untuk memacu penerimaan perpajakan negara.

"Kami akan terus berupaya melakukan perubahan karena waktu berlalu, situasi berubah. Beberapa tahun terakhir ada perubahan cara bertransaksi, cara berkomunikasi, atau acara berhubungan di media, jejak digital, komunitas digital, transaksi digital jadi sesuatu yang tidak bisa kita hindari saat ini," tutur Suryo.
  DGT Awards untuk kategori media massa yang telah berkontribusi dalam reformasi perpajakan juga diberikan kepada Bisnis Indonesia, Investor Daily Indonesia, Harian Kontan, Harian Kompas, Media Indonesia, BBC News, Kontan.co.id, Bisnis.com, Kompas.com, kompas TV, SCTV, Liputan 6 dan Berita Satu.

Baca juga: Kemenkeu himpun pajak Rp1.246,97 triliun hingga Agustus

Baca juga: DJP pastikan pemeriksaan pajak tidak subjektif


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023