Malang (ANTARA News) - Arema Indonesia dipermalukan tamunya Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-2 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Malang, Jawa Timur, Minggu malam.

Dua gol Persipura ke gawang Arema yang dijaga Akhmad Kurniawan itu dilesakkan oleh Zara Han pada menit ke-24 dan Boas Salosa pada menit ke-70. Sementara gol balasan Arema dipersembahkan Thierry Gathuessi pada menit ke-76.

Sejak menit-menit awal babak pertama, Persipura langsung menekan dan serangan demi serangan yang dibangun anak asuh Jacksen F Tiago beberapa kali mengancam gawang Arema yang dikawal Achmad Kurniawan.

Serangan yang terus dibangun para pemain dari tim asal ranah Papua itu baru mampu merobek jala gawang Arema pada menit ke-24. Sebenarnya Arema memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan empat menit menjelang babak pertama berakhir melalui tendangan penalti.

Akan tetapi, penalti yang dihadiahkan wasit Dodi Setia Purnama akibat pemain Persipura Emmanuel Wanggai "handsball` pada menit ke-41 itu gagal dieksekusi oleh Alberto Goncalves.

Tendangan Alberto Goncalves masih melambung di atas mistar gawang Persipura yang dikawal Yoo Jae Hoon. Gagalnya eksekusi penalti Alberto Goncalves tersebut membuat skor tetap 0-1 hingga 45 menit babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, pelatih Arema Rahmad Darmawan menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain lebih terbuka dan menyerang.

Perubahan strategi yang diinstruksikan Rahmad Darmawan membawa hasil dan memaksa pemain Persipura lebih ketat mengawal dan mengamankan lini pertahanannya dari gempuran para pemain Singo Edan.

Dan, peluang untuk menyamakan skor kembali diperoleh Arema melalui titik penalti kembali, setelah Oktavia Dutra "handsball" di kotak terlarang. Akan tetapi, peluang emas itu kembali sia-sia karena Greg Nwokolo yang dipercaya mengeksekusi bola juga gagal membobol gawang Yoo Jae Hoon.

Serangan yang terus dibangun Arema cukup merepotkan para pemain Persipura, namun penyelesaian akhir yang membuahkan gol masih menjadi kendala bagi anak asuh Rahmad Darmawan. Banyak peluang emas yang seharusnya berbuah menjadi gol, terbuang sia-sia.

Meski sepanjang 90 menit permainan cukup "panas", tak sampai terjadi penghentian pertandingan oleh wasit maupun pengawas pertandingan. Sebab, detik-detik menjelang laga, kubu Persipura protes pada panitia penyelenggara pertandingan (panpel) Arema karena melubernya penonton.

Akibat dari protes Persipura tersebut, "kick off" yang seharusnya dimulai pukul 19.00 WIB, akhirnya molor hingga pukul 19.25 WIB.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013