Jakarta (ANTARA) - Inovasi "Posyandu Remaja Disabilitas" yang diajukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan meraih juara pertama dalam kegiatan "Jakarta Innovation Days (JID) 2023".

"Predikat inovasi terbaik masyarakat diraih Jakarta Selatan melalui Dewi Oktaviani dari Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, dengan program inovasinya 'Posyandu Remaja Disabilitas'," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Balai Kota Jakarta, Senin.

Munjirin menuturkan penghargaan ini diraih dari kerja sama antara pemangku jabatan beserta masyarakat yang turut berpartisipasi.

"Posyandu Remaja Disabilitas":yaitu wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada pada remaja disabilitas agar memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan.

Baca juga: Puluhan disabilitas ikuti seleksi pelatihan kerja di Jakarta

Kegiatan yang dilaksanakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), yakni pemantauan tumbuh kembang, pemeriksaan kesehatan, konseling dan edukasi bagi remaja.

Dalam kesempatan itu, Munjirin menyatakan 
bangga dengan inovasi yang dilakukan Kelurahan Kebagusan yang bisa membantu masyarakat lainnya khususnya kaum disabilitas.

“Pemerintah dan masyarakat akan terus bekerjasama dalam memunculkan inovasi-inovasi yang mampu meningkatkan layanan publik,” ujarnya.

"Jakarta Innovation Days (JID) 2023" bertemakan "Urban Innovation for Sustainable Jakarta" diselenggarakan pada Senin hingga Rabu (27/9) di Balai Kota DKI Jakarta.

Ajang ini diselenggarakan untuk mempertemukan para inovator-inovator andal dan mengundang perwakilan Bappeda se-Indonesia hingga negara-kota tingkat ASEAN untuk berbagi ide dan pengalaman dalam pembangunan Kota Jakarta yang lebih baik.

Baca juga: TransJakarta latih pegawai tingkatkan layanan kepada anak disabilitas

Pemberian penghargaan kepada para pemenang diberikan langsung Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka "Jakarta Innovation Days 
(JID) 2023" di Ruang Pola, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin. Pada tahun kedua pelaksanaan JID ini, Heru menekankan setiap inovasi yang lahir dapat diterapkan untuk membangun Jakarta.

Adapun JID merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk menjadi ruang pengenalan inovasi, berjejaring dan pertukaran pengetahuan (knowledge exchange) yang mendukung pembangunan Jakarta dan Indonesia.

"Ini adalah bagian dari inovasi, harapan saya inovasi ini bisa diterapkan terus untuk membangun Jakarta. Tentunya, ini adalah bagian dari program yang terus-menerus dan nanti kita sandingkan dengan pemerintah daerah yang lain," kata Heru.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023