Setelah mendapatkan izin dari otoritas, kami siap menjadi bank devisa untuk memperluas lini usaha dan sekaligus meningkatkan kontribusi
Jambi (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Bank Jambi) bersiap menjadi bank devisa sesuai dengan Rencana Bisnis Bank (RBB) 2023.

Plt Direktur Utama Bank Jambi Khairul Suhairi di Jambi, Senin, mengatakan untuk mewujudkan rencana menjadi bank devisa, Bank Jambi terus melakukan penguatan infrastruktur pendukung, termasuk sistem, Standard Operating Procedure dan kesiapan sumber daya manusia (SDM).

"Setelah mendapatkan izin dari otoritas, kami siap menjadi bank devisa untuk memperluas lini usaha dan sekaligus meningkatkan kontribusi dalam memajukan pembangunan ekonomi di Jambi pada khususnya,” katanya.

Ia menerangkan yang dicapai selama ini, membuat Bank Jambi terus berupaya memaksimalkan kinerja maupun laba yang diraih.

Dengan status bank devisa, nantinya dapat melakukan transaksi valuta asing (valas). Saat ini proses perizinan kegiatan valas sedang dalam tahap evaluasi dan verifikasi internal oleh tim di Bank Jambi.

Bank Jambi juga melakukan pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras termasuk layanan digital yang dapat digunakan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

Baca juga: OJK Jambi catat kinerja perbankan tumbuh positif hingga Juli 2023

Baca juga: Jumlah pengguna QRIS di Jambi lebih dari 327 ribu


Inovasi yang dilakukan di antaranya meluncurkan Instan Loan dan Online Onboarding, agar proses transaksi nasabah dengan bank semakin cepat, mudah dan aman.

Instan loan merupakan layanan yang dapat digunakan oleh ASN dalam proses pengajuan kredit secara cepat dan efisien hanya melalui Bank Jambi Mobile.

Sementara online on boarding menjadi pilihan terbaik dalam melakukan pembukaan rekening tanpa harus hadir langsung ke unit kerja operasional Bank Jambi.

Selain dua layanan unggulan tersebut, Bank Jambi juga terus memperluas jaringan digital Bank Jambi melalui menu biller dan payment pada Bank Jambi Mobile sebagai perwujudan komitmen memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Selain itu, Bank Jambi memperkuat manajemen SDM yang andal, pengembangan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang meliputi kebijakan strategi pelatihan, pengembangan karyawan, analisis dan pengembangan kebutuhan materi pelatihan terus dilakukan, termasuk melakukan evaluasi dan penilaian kinerja serta karir.

Dukungan dari para pemegang saham Bank Jambi antara lain Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berperan besar dalam mendukung pengembangan bisnis.

Bank devisa merupakan bank yang dapat melaksanakan transaksi ke luar negeri atau yang berhubungan dengan mata uang asing secara keseluruhan.

Baca juga: BI Jambi optimistis kegiatan dunia usaha alami peningkatan

Baca juga: Gubernur jamin tidak ada perombakan direksi Bank Jambi

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023