Penyerahan bantuan internet desa secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor saat kunjungan kerjanya ke wilayah selatan
Samarinda (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur menyalurkan bantuan jaringan internet untuk 13 desa di Kabupaten Paser, dalam upaya membuka akses informasi khususnya wilayah pelosok dan pedalaman.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal menjelaskan ke-13 desa tersebut, yakni Desa Pepara, Desa Bukit Saloka, Desa Modang, Desa Klempang Sari, Desa Prayon, Desa Brewe, Desa Petiku, Desa Tiwei, Desa Sekuan Makmur, Desa Petangis, Desa Tebru Paser Damai, Desa Muara Kuaro, dan Desa Samurangau.

Baca juga: KTT Wuzhen Konferensi Internet Dunia 2023 digelar November 2023

"Penyerahan bantuan internet desa secara simbolis diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor saat kunjungan kerjanya ke wilayah selatan," kata Faisal di Samarinda, Senin.

Faisal menjelaskan, saat ini pihaknya memang tengah rutin menyambung konektivitas jaringan internet di desa-desa. Terutama di daerah pedalaman yang masih memiliki area blank spot.

Bantuan internet desa dipasang melalui jaringan fiber optik (FO). Dengan kapasitas bandwidth internet dedicated 50 Mbps per titik. Faisal berharap, dengan upaya tersebut keterisolasian jaringan internet di desa-desa bisa teratasi.

“Jadi selama satu tahun, biaya langganan jaringan internet di desa-desa itu akan kami tanggung. Setelah itu, baru tanggung dan dikelola oleh pemerintah kabupaten setempat,” jelas Faisal.

Baca juga: Starlink milik Elon Musk tunjukkan minat buka usaha di Indonesia

Penyaluran bantuan internet desa ini merupakan bentuk komitmen Diskominfo Kaltim dalam mengatasi permasalahan blank spot di wilayah pedesaan.

Sebelumnya, pada tahun 2022 Diskominfo juga telah memasang akses internet desa di 38 titik di Kabupaten Paser. Diskominfo sendiri menargetkan, sebanyak 55 desa yang tersebar di enam kabupaten akan terkoneksi jaringan internet pada tahun 2023 ini.

Program bantuan internet desa ini, bekerja sama dengan BUMN PT Telkom dan PT Icon+.


Salah satu penerima bantuan internet desa dari Desa Sekuan Makmur Kecamatan Muara Komam, Sutejo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Kaltim.

"Terima kasih Pak Gubernur yang sudi membantu masyarakat Sekuan Makmur untuk internet desa. Semoga dapat melancarkan urusan administrasi supaya lancar,” kata Sutejo.

Baca juga: Kemenkominfo bangun 146 titik akses internet di Jambi

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023