New York (ANTARA) - Penutupan pemerintahan Amerika Serikat (AS) akan merugikan peringkat kredit negara tersebut, kata lembaga pemeringkat Moody's pada Senin (25/9/2023), sebuah peringatan keras yang dikeluarkan satu bulan setelah Fitch menurunkan peringkat Amerika Serikat satu tingkat karena krisis plafon utang.

Pelayanan pemerintah AS akan terganggu dan ratusan ribu pekerja federal akan cuti tanpa bayaran jika Kongres gagal menyediakan dana untuk tahun fiskal yang dimulai 1 Oktober.

Kemungkinan penutupan (shutdown) akan menjadi bukti lebih lanjut bagaimana polarisasi politik di Washington melemahkan pembuatan kebijakan fiskal pada saat meningkatnya tekanan terhadap keterjangkauan utang pemerintah AS karena kenaikan suku bunga, kata analis Moody's, William Foster, kepada Reuters.

“Jika tidak ada respon kebijakan fiskal yang efektif untuk mengimbangi tekanan-tekanan tersebut…maka akan ada kemungkinan dampak negatif yang semakin besar terhadap profil kredit. Dan hal ini dapat mengarah pada pandangan negatif, dan berpotensi menurunkan peringkat suatu saat nanti, jika tekanan tersebut tidak diatasi.” kata Foster.

Moody's memberi peringkat "Aaa" pada pemerintah AS dengan prospek stabil, yaitu kelayakan kredit tertinggi yang diberikan kepada peminjam. Ini adalah lembaga besar terakhir yang mempertahankan peringkat tersebut untuk AS setelah Fitch menurunkan peringkat pemerintah sebesar satu tingkat pada Agustus menjadi AA+ – peringkat yang sama yang diberikan oleh S&P Global pada tahun 2011.

“Pembuatan kebijakan fiskal di AS kurang kuat dibandingkan dengan negara-negara lain yang memiliki peringkat Aaa, dan penutupan kembali kebijakan fiskal akan menjadi bukti lebih lanjut dari kelemahan ini,” kata Moody's dalam sebuah pernyataan.

Penasihat ekonomi utama Presiden Joe Biden, Lael Brainard, mengatakan komentar Moody's menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh manuver kongres tersebut.

"Pernyataan Moody's hari ini menggarisbawahi bahwa penutupan Partai Republik adalah tindakan yang ceroboh, menciptakan risiko yang tidak perlu bagi perekonomian kita, dan menyebabkan gangguan bagi komunitas dan keluarga di seluruh negeri," kata Brainard, direktur Dewan Ekonomi Nasional, dalam sebuah pernyataan.

"Kongres harus melakukan tugasnya dan menjaga pemerintahan tetap buka."

Seorang juru bicara Departemen Keuangan mengatakan laporan Moody's memberikan "bukti lebih lanjut bahwa penutupan dapat melemahkan momentum ekonomi kita saat ini" pada saat inflasi dan pengangguran berada di bawah 4,0 persen.

Moody's mengatakan dampak ekonomi dari penutupan pemerintahan kemungkinan akan terbatas dan berumur pendek, dengan dampak paling langsung dari belanja pemerintah yang lebih rendah, dan dampak negatifnya akan semakin besar jika penutupan pemerintahan berlangsung lebih lama.

Kongres sejauh ini gagal meloloskan rancangan undang-undang pengeluaran apa pun untuk mendanai program badan federal pada tahun fiskal yang dimulai pada 1 Oktober di tengah perselisihan dengan Partai Republik.

Penutupan ini tidak akan mempengaruhi pembayaran utang pemerintah. Awal tahun ini, kebangkrutan politik seputar batas utang AS mengancam akan menyebabkan gagal bayar (default) utang pemerintah AS.

Krisis tersebut, meskipun pada akhirnya dapat diselesaikan sebelum ada keterlambatan pembayaran utang, merupakan faktor utama yang menyebabkan penurunan peringkat Fitch pada bulan lalu.

"Dalam lingkungan dimana suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama dan tekanan yang meningkat pada keterjangkauan utang, jauh lebih penting bahwa kebijakan fiskal dapat meresponnya," kata Foster dari Moody's.

“Dan hal ini terlihat semakin tertantang karena hal-hal seperti penutupan pemerintah dan tidak lagi memenuhi batas utang, karena ini merupakan dinamika politik yang terpolarisasi di Washington,” katanya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023