Timika (ANTARA) - Komando Distrik Militer 1710/Mimika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar bakti kesehatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Selasa, mengatakan bakti kesehatan ini berlangsung di Makolanal Timika Distrik Mimika Baru, pada Minggu 24/9/2023.

Baca juga: Wakasad: Gelar alutsista TNI AD di Monas untuk edukasi masyarakat

"Jadi Kodim 1710/Mimika bersama satuan TNI se-Garnisun Timika menggelar kegiatan bakti kesehatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI," katanya.

Menurut dia, kegiatan yang diselenggarakan ini terdiri dari donor darah 180 orang, sunatan massal 12 orang, pengobatan massal dan bantuan sosial 180 orang. "Juga ada bazar yang diikuti sekitar 200 orang serta vicon bersama Panglima TNI yang diawali dengan senam kesegaran jasmani 88 yang diikuti oleh Prajurit dan PNS TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," ujarnya.

Baca juga: Jelang HUT TNI, Pangdam Jaya tinjau latihan pencak silat Merpati Putih

Ia menjelaskan pihaknya berharap kegiatan bakti kesehatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya donor darah yang merupakan bagian dari aksi kemanusiaan untuk menolong orang yang membutuhkan darah.

"Donor darah selain memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya, tetapi juga sangat membantu saudara kita yang membutuhkan sumbangan darah,” katanya.

Baca juga: Panglima TNI: Indonesia perlu strategi khusus untuk antisipasi ancaman

Dia menambahkan jelang peringatan HUT TNI ke 78, dirinya merasa bersyukur karena TNI kembali membantu sesama dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah.

"Tujuannya kami membantu menambah stok darah di PMI serta dapat mendorong masyarakat untuk mengikuti pola hidup sehat melalui pelayanan kesehatan gratis," ujarnya lagi.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023