Pekalongan (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berkomitmen melakukan pendampingan pada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya meningkatkan produksi usahanya.

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan Inggit Soraya di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa UMKM memiliki peran penting untuk mendukung dan memajukan perekonomian lokal sehingga pihaknya berusaha menambah variasi kegiatan bersama para pelaku usaha dalam meningkatkan produktivitas dan kiprahnya.

"Hari ini kami membahas sejumlah program sehingga membutuhkan masukan inspirasi, ide cemerlang dari semua pengurus supaya lebih variatif dengan tujuan meningkatkan kualitas produk dan mempromosikan produk UMKM," katanya.

Menurut dia, beberapa masukan atau ide kegiatan yang dilakukan oleh Dekranasda untuk memajukan UMKM seperti melalui pelatihan dan pameran "Goes to School" untuk mengenalkan pada generasi muda, serta lomba cipta karya oleh-oleh khas Pekalongan.

"Semua masukan kami tampung, mudah-mudahan bisa memajukan dan mendekatkan Dekranasda dengan masyarakat, serta UMKM yang belum bergabung," katanya.

Inggit Soraya mengatakan pihaknya membuka kesempatan pada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah agar bisa bergabung di dalam wadah Dewan Kerajinan Nasional Daerah.

Dengan bertambahnya jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah di dalam Dewan Kerajinan Nasional Daerah,  pihaknya menyakini usaha mikro kecil dan menengah di daerah ini akan terus berkembang dan maju.

"Kami akan terus membuka kesempatan para pelaku UMKM yang ingin bergabung agar kami bisa benar-benar mewadahi seluruh UMKM di daerah ini," katanya.

Baca juga: Menkop Teten dorong UMKM dan nelayan optimalkan pemasaran digital

Baca juga: DI Pekalongan, Sandiaga janjikan kebangkitan ekonomi rakyat

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023