Krisis perubahan iklim yang saat ini kita alami bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, partisipasi BRI pada perdagangan karbon perdana merupakan bentuk komitmen serta kontribusi kami dalam menangk
Jakarta (ANTARA) -
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengungkapkan alasan perseroan membeli unit karbon pada perdagangan perdana di Bursa Karbon (IDX Carbon) yakni ingin menjadi role model bagi stakeholders dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di Indonesia.

“Krisis perubahan iklim yang saat ini kita alami bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, partisipasi BRI pada perdagangan karbon perdana merupakan bentuk komitmen serta kontribusi kami dalam menangkal dampak perubahan iklim tersebut," ujar Direktur Kepatuhan BRI A Solichin Lutfiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia menyebut perseroan telah memonitor emisi karbon perusahaan sejak 2020.

“Dalam pengelolaan emisi karbon, BRI mengadopsi global standard SBTi (Science-Based Target Initiatives), yaitu dengan mengimplementasikan inisiatif yang secara langsung dapat menurunkan emisi, seperti pengadaan kendaraan listrik, pemasangan solar panel, penggunaan teknologi lain yang rendah emisi, serta melakukan dukungan secara finansial dan non-finansial yang dibutuhkan nasabah sehingga transisi ekonomi dapat dilakukan” ujar Solichin.

Solichin menjelaskan, selama ini perseroan telah melakukan pembiayaan berkelanjutan, diantaranya pembiayaan ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan sektor hijau.

"Untuk kredit sektor hijau, perseroan telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp79,4 triliun pada kuartal II-2023," ujar Solichin.

Dari sisi pendanaan, perseroan telah menerbitkan Green Bond 2022 senilai Rp5 triliun, dan Sustainability Bond 2019 senilai 500 juta dolar AS.

Dari sisi operasional, perseroan telah melakukan transisi menggunakan kendaraan listrik, yang saat ini jumlahnya 97 mobil listrik, dan 90 motor listrik sebagai kendaraan operasional kantor per Agustus 2023.

Selain itu, perseroan memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Lingkungan Kantor Pusat BRI, serta sebanyak 31 unit kerja BRI menggunakan panel surya sebagai alternatif penggunaan listrik.

“Berbagai aksi nyata yang dilakukan oleh BRI diharapkan dapat mendukung terciptanya bisnis yang berkelanjutan dan dapat berkontribusi terhadap pencapaian tujuan BRI menjadi role model dalam penerapan Sustainable Banking terdepan di Indonesia,” ujar Solichin.

Selain BRI, perusahaan-perusahaan sektor perbankan yang membeli unit karbon dari Proyek Lahendong Unit 5 dan Unit 6 PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), diantaranya PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank DBS Indonesia, dan PT Bank Central Asia Tbk.

Pada hari pertama perdagangan, Selasa (26/9), nilai transaksi unit karbon mencapai senilai Rp29,20 miliar, dengan total volume perdagangan tercatat sebanyak 459.953 tCO2 (ton Unit Karbon) dan total transaksi sebanyak 27 transaksi.

Baca juga: Hari pertama, Bursa Karbon catat nilai transaksi capai Rp29,2 miliar

Baca juga: Debut bursa karbon, Bank Mandiri hingga BCA beli unit karbon PGE

Baca juga: Jokowi tegaskan bursa karbon kontribusi Indonesia lawan krisis iklim

Baca juga: Bursa Karbon Indonesia resmi diluncurkan

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023