Jakarta (ANTARA) - Sembilan anggota DPR RI dari perwakilan masing-masing fraksi menerima penghargaan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam ajang MKD Awards 2023.

"MKD Awards adalah ajang apresiasi etis bagi para anggota DPR RI, yang mampu mengimplementasikan kebaikan lembaga yang diukur dari sejauh mana perubahan terjadi di masyarakat," kata Ketua MKD Adang Daradjatun di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan penghargaan diberikan kepada figur-figur senator berkontribusi positif dalam peningkatan citra dan wibawa kelembagaan DPR RI.

"MKD Awards akan rutin dilaksanakan setiap tahun," tambahnya.

Baca juga: MKD akan periksa Ketua Komisi VII DPR soal pelecehan seksual verbal

Hal itu dilakukan dalam upaya MKD untuk mencegah pelanggaran kode etik anggota DPR RI. MKD menjadi etalase etis, contoh, teladan, serta bagaimana kesadaran itu dipraktikkan oleh anggota dewan.

Adang menjelaskan MKD melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas wakil rakyat.

"MKD tidak lagi hanya mengurusi soal kelayakan pakaian anggota DPR RI dalam rapat dan sidang atau absensi; tetapi MKD membangun suasana kerja dan kolektif, efektif, dan berdaya guna demi kepentingan masyarakat," tegas Adang.

MKD memberikan penghargaan kepada wakil rakyat yang dinilai mampu menjalankan tugas, fungsi, dan wewenang sebagai anggota DPR.

Baca juga: MKD DPR panggil Ketua Komisi VII dan pengadu dugaan seksual verbal

Adang berharap penghargaan itu diikuti dengan kinerja memuaskan bagi publik atau setidaknya tugas, fungsi, dan wewenang anggota DPR dijalankan dengan baik.

Anggota DPR RI penerima penghargaan MKD Awards 2023 itu ialah Said Abdullah dari Fraksi PDI Perjuangan, Hetifah Snaifudian dari Fraksi Golkar, Wihadi Wiyanto dari Fraksi Gerindra, dan Lestari Moerdijat dari Fraksi NasDem.

Selanjutnya, ada Fathan dari Fraksi PKB, Marwan Cik Asan dari Fraksi Demokrat, Al Muzazamil Yusuf dari Fraksi PKS, Athari Gauthi Ardi dari Fraksi PAN, serta Anas Thahir dari Fraksi PPP.

Baca juga: MKD Awards pada Rabu beri apresiasi anggota DPR berkinerja baik

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023