Kenaikan potensi transaksi pada Gamescom 2023, menunjukkan pasar Eropa semakin meminati produk-produk gim asal Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Produk gim Indonesia mencatatkan potensi transaksi sebesar 115,72 juta dolar AS atau setara Rp1,76 triliun pada pameran Gamescom 2023 di Cologne, Jerman 23-27 Agustus 2023.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi menyampaikan potensi transaksi ini meningkat dibandingkan 2022 yang sebesar 75,2 juta dolar AS atau lebih dari Rp1,1 triliun.

"Kenaikan potensi transaksi pada Gamescom 2023, menunjukkan pasar Eropa semakin meminati produk-produk gim asal Indonesia," ujar Didi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Partisipasi Indonesia di Gamescom 2023 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg selaku perwakilan Kementerian Perdagangan Indonesia di Jerman, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Frankfurt, Asosiasi Game Developer Indonesia (AGI), serta Asosiasi Cipta Kreasi Indonesia (CAKRA).

Kepala ITPC Hamburg Eka Sumarwanto menjelaskan partisipasi Indonesia pada Gamescom 2023 berlangsung lancar dan sesuai rencana. Animo pengunjung Gamescom juga terbilang sangat tinggi terhadap gim Indonesia.

Paviliun Indonesia dalam Gamescom 2023 diresmikan Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini.

Paviliun Indonesia yang mengusung slogan "Games from Indonesia" memfasilitasi 11 studio gim dari Tanah Air sebagai peserta pameran. Semua peserta dapat melakukan penjajakan bisnis (business matching) melalui Meet To Match-Platform Business Meeting & Matching, jaringan personal, dan pertemuan bisnis langsung tanpa reservasi (walk in meeting).

Penjajakan bisnis juga dapat dilakukan melalui pelayanan informasi ekonomi kreatif. Hal tersebut diwujudkan antara lain dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran Gamescom. Misalnya, melalui program di media nasional, desain konten promosi masing-masing peserta, serta pembuatan konten promosi video dan media sosial.

Selama penyelenggaraan pameran, semua peserta dari Indonesia telah bertemu dengan 133 pembeli potensial yang berasal dari perjanjian kerja sama (appointment meet to match) dan pembeli langsung (walk in buyer).

"Tahun depan, Indonesia akan bersiap mengikuti gelaran Gamescom pada 21-25 Agustus 2024 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran gim internasional yang dapat dijadikan acuan lainnya adalah Gamescom Asia Singapura, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show," kata Eka.


Baca juga: Media berperan penting promosikan gim Indonesia gaet konsumen
Baca juga: Mahasiswa UI pamerkan gim pengembangan di Jerman

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023