Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyiapkan sarana pendukung aksesibilitas peserta forum penyandang disabilitas tingkat ASEAN, atau ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-Inclusive Development and Partnership beyond 2025 yang akan digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos , Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) Bogor mempersiapkan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas di salah satu lokasi AHLF di Taman Purbakala Leang-leang Geopark Maros-Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tim dari STIS sudah mengukur dan memetakan di beberapa titik. Kami akan memasang beberapa sarana pendukung sehingga aksesibel bagi peserta. Dengan sarana yang akan diinstalasi diharapkan memudahkan peserta. Kami juga menyediakan toilet portabel,” kata Kepala STIS M.O Royani dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mensos bersiap pimpin Forum ASEAN untuk Penyandang Disabilitas

Sebelum ke lokasi Taman Purbakala Leang-leang Geopark, Kepala STIS dan tim melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maros, Kepala Dinas Pariwisata, Camat, serta Kepala Desa setempat.

“Ini hajatan besar tidak hanya Kemensos, tapi membawa nama Indonesia di kancah dunia yang pelaksanaannya melibatkan banyak pihak terkait agar acara bisa berjalan dengan sukses serta lancar,” kata Oni.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bahwa perhelatan AHLF menjunjung semangat keberpihakan negara-negara ASEAN terhadap para penyandang disabilitas. "No one left behind, jadi tidak ada seorang pun yang tertinggal termasuk disabilitas," ujar Mensos.

Perhelatan ASEAN High Level Forum (AHLF) on Disability-Inclusive Development and Partnership beyond 2025 akan digelar di Kota Makassar, Prov Sulawesi Selatan, pada 10 – 12 Oktober 2023.

Forum tingkat tinggi tentang Penyandang Disabilitas ini akan dihadiri 200 peserta dari perwakilan Badan Sektor ASEAN, organisasi terafiliasi ASEAN, organisasi penyandang disabilitas, mitra wicara ASEAN, dan akademisi.

Baca juga: Mensos rancang program untuk disabilitas di forum Disabilitas ASEAN

Kemensos menjadi tuan perhelatan tersebut, terus melakukan berbagai persiapan terutama sarana untuk mendukung aksesibilitas bagi peserta yang sebagian besar penyandang disabilitas.

Diagendakan pada 12 Oktober, para delegasi melakukan site visit ke UPT Kemensos, Sentra Wirajaya di Makassar sebagai salah satu best practice penanganan disabilitas yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Kemensos menjadikan ajang AHLF untuk memperkenalkan sejarah dan objek wisata yang ada di Kota Makassar dan sekitarnya. Salah satunya dengan menggelar welcome dinner di Fort Rotterdam yang merupakan objek wisata bersejarah.

Melalui pertemuan tersebut, juga akan meneguhkan penguatan kerja sama di Kawasan Asia Tenggara melalui proyeksi kerjasama dan kemitraan yang efektif dalam isu pembangunan yang inklusif disabilitas.

Baca juga: Mensos cek kesiapan jelang AHLF penyandang disabilitas di Makassar

Baca juga: Kemensos siap perkenalkan sejarah dan objek wisata Makassar

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023