...pihaknya sudah berkoordinas dengan pemerintah daerah setempat untuk memberikan lahan atau tempat untuk masyarakat yang ingin menyalurkan bakatnya, seperti balap motor atau lain-lain agar kegiatannya bisa lebih positif dan terkontrol."
Sukabumi (ANTARA News) - Polres Sukabumi Kota menggandeng masyarakat untuk ikut memberantas keberadaan berandalan bermotor yang sudah meresahkan warga yang tinggal di daerah hukumnya, kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Hari Santoso kepada Antara, Selasa. 

"Koordinasi kami dengan masyarakat seperti memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja yang salah satunya berandalan bermotor. Sosialisasi ini juga untuk mecegah pemuda maupun anak-anak terjerumus kepada aksi kriminal yang selalu dilakukan oleh berandalan bermotor," kata AKBP Hari Santoso.

Menurut Hari, untuk memberantas keberadaan berandalan bermotor ini pihaknya tidak bisa bekerja sendiri, maka dari itu peran serta masyarakat pun harus lebih diintensifkan, karena dengan adanya bantuan dari masyarakat akan memudahkan pihaknya dalam menindak para pelaku atau kelompok yang lebih dikenal dengan genk motor.

Lebih lanjut, selain berkoordinasi dalam memberantas aksi berandalan bermotor ini pihaknya rutin menggelar razia dan membubarkan kerumunan atau kelompok bermotor khususnya di akhir pekan yang masing nongkrong atau berkumpul di atas jam 24.00 WIB.

"Dengan ketahanan masyarakat bisa membantu kami dalam memberantas aksi berandalan bermotor, selain itu razia tempat penjualan minuman keras dan kelengkapan surat kendaraan pun rutin kami lakukan," tambahnya.

Dikatannya untuk mencegah aksi berandalan bermotor yang bisa berimbas kepada main hakim sendiri oleh masyarakat karena kesal dengan aksi mereka, pihaknya juga memberikan himbauan sampai penindakan dan lebih menggiatkan lagi patroli keliling.

Hari mengatakan selama ini baru satu kasus yang ditangani pihaknya tentang berandalan bermotor dan tersangkanya atau pelakunya pun sudah ditangkap. Bahkan pihaknya juga tidak segan memberikan tindakan tegas sampai tembak ditempat jika aksi berandalan bermotor tersebut membahayakan keselamat masyarakat maupun petugas.

"Untuk memberantas aksi berandalan bermotor juga, pihaknya sudah berkoordinas dengan pemerintah daerah setempat untuk memberikan lahan atau tempat untuk masyarakat yang ingin menyalurkan bakatnya, seperti balap motor atau lain-lain agar kegiatannya bisa lebih positif dan terkontrol," kata Hari. (ADR/F002)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013